Kompas.com - 20/06/2014, 09:02 WIB
Ilustrasi Ilustrasi
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com – Berkarier di jalur berbeda dengan latar belakang akademis, merupakan kondisi yang lumrah dialami oleh sejumlah besar karyawan profesional zaman sekarang.

Tingginya persaingan di dunia kerja, membuat banyak sarjana yang baru lulus menjalani segala jenis pekerjaan yang ditawarkan di depan mata. Performa kerja baik atau tidak, itu urusan nanti. Hal yang paling penting adalah tidak menganggur terlalu lama setelah wisuda.

Salah satu dilema yang marak dihadapi oleh sebagian besar generasi milenium adalah kebingungan menentukan arah jenjang  karier. Nah, untuk meringankan beban pikiran para wisudawan dan wisudawati, berikut kami uraikan “jurus”  efektif dalam memilih profesi atau pekerjaan agar selaras dengan cita-cita dan kemampuan.

Tentukan minat
Jangan pernah menerima pekerjaan yang Anda tidak yakin mampu menjalaninya. Selain itu, pastikan juga, apakah pekerjaan ini selaras dengan minat dan rencana Anda di masa depan. Jangan terlalu pasrah pada keadaan. Usia muda harus diisi dengan kegigihan dan semangat tinggi. Bangun mental Anda agar tidak pantang menyerah.

Rancang jenjang karier
Jangan bekerja, asal bekerja. Anda harus merancang karier, setidaknya untuk lima tahun mendatang. Tulis atau gambar “tangga” karier yang selama ini diimpikan. Dengan demikian, mimpi sukses yang Anda bayangkan, jadi lebih terarah dan mudah diterapkan.

Berkonsultasi
Tak perlu harus menyediakan dana untuk biaya konsultasi psikolog. Anda bisa melakukannya dengan tukar pikiran dengan anggota keluarga yang telah bekerja. Cari tahu bagaimana menghadapi sesi wawancara, beradaptasi di lingkungan kantor, menyiasati tenggat kerja, dan sebagainya.

Negosiasi gaji
Bagi Anda yang masih fresh graduate, sebaiknya jangan terlalu tinggi mematok standar gaji. Sebab, pada tahap ini, anggap saja Anda masih mencari pengalaman untuk mendapatkan karier serta penghasilan yang lebih baik di masa depan.

Membangun jaringan
Generasi milenium harus bersyukur karena sudah hidup berdampingan dengan kemajuan teknologi informasi. Sebab, hal ini sangat membantu Anda untuk memperluas jaringan guna memasuki dunia kerja dengan lebih mantap.

Selain itu, sekarang ini banyak perusahaan yang menyebar informasi mengenai lowongan kerja lewat internet. Tujuannya, untuk menyasar generasi muda untuk mencoba peruntungan di perusahaan mereka.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X