Kompas.com - 20/06/2014, 17:57 WIB
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com - Roti baguette (roti panjang dan kering seperti tongkat) memang berasal dari Perancis, tapi peminat roti ini terbilang tinggi di Tanah Air. Namun, tidak semua roti baguette yang dijual di Indonesia punya rasa dan kualitas sama dengan yang langsung dari Paris.


"Kualitas roti baguette bisa dilihat dengan mudah secara fisik," kata Master Baker, Eric Kayser saat pembukaan bakery Eric Kayser di Plaza Senayan, Senin (16/6/2014).

Dengan kata lain, Anda bisa menentukan bisa melihat baguette ini berkualitas atau tidak dari penampilan fisiknya. Seperti terurai berikut ini:

1. Tekstur
"Salah satu ciri khas baguette adalah punya lapisan luar yang renyah. Kalau dipotong jadi dua bagian, roti ini akan "mengeluarkan" bunyi kriuk," kata pria kelahiran Perancis ini. Meskipun tekstur luarnya renyah, namun roti ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk di dalamnya.

2. Aroma
Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat membeli baguette adalah aroma. Pastikan baguette beraroma manis dan sedap. "Potong menjadi dua bagian kemudian ambil salah satu bagiannya, dekatkan ke hidung kemudian tekan. Pergerakan ini akan menimbulkan udara yang membawa aroma dari dalam roti," ujarnya.

Jika aromanya terasa sedikit asam, maka kemungkinan roti mengalami proses fermentasi atau sudah tidak segar lagi.  

3. Warna
Sebuah baguette yang bagus adalah roti yang memiliki gradasi warna coklat sempurna. Eric mengatakan, baguette harus memiliki warna yang didominasi coklat keemasan yang agak tua. "Ada beberapa baguette yang punya warna agak kecoklatan, sebaiknya jangan dibeli. Sebab, kalau warnanya agak coklat muda rasanya tidak akan crispy," kata Eric.

Sekalipun didominasi warna coklat tua, namun khusus dibagian sayatan roti yang ada di atas roti (disebut dengan istilah baker signature), harus memiliki warna yang lebih muda dibanding warna daerah sekitarnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.