Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga Bikin Pikiran Lebih Tenang?

Kompas.com - 01/07/2014, 14:35 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Tak hanya meditasi yang bisa membantu Anda menenangkan pikiran. Melakukan kegiatan sederhana di rumah tangga bisa menjadi cara lain untuk membuat pikiran lebih tenang dan hati senang. Syaratnya lakukan pekerjaan rumah tangga ini dengan tulus dan buka pikiran untuk bisa mendapatkan manfaat dari setiap tahapan saat melakukan pekerjaan tersebut.

1. Mencuci piring
Aktivitas yang satu ini sangat mungkin membuat pikiran tenang. Caranya, fokus pada hal-hal kecil dalam proses pengerjaannya. Saat Anda menggosok alat makan dengan spons misalnya.

Penulis blog di Huffington Post, Laurie Erdman, mengatakan sejak awal memulai pekerjaan ini ada sensasi di setiap detailnya. Suara air mengalir, gelembung sabun, aroma cairan pembersih piring, bunyi alat makan saling berbenturan, hangatnya air mengair. Perhatikan tiap detil ini dengan lebih konsentrasi pada pekerjaannya bukan berapa lama pekerjaan berlangsung atau berapa banyak piring yang harus dicuci.

2. Memasak
Memasak makanan ukuran besar untuk makanan utama melatih konsentrasi, kreativitas, sikap waspada, hingga ketenangan pikiran. Proses memasak memberikan kesempatan kepada diri Anda untuk hadir saat itu, fokus dan tenang, bukan merasa terganggu, tertekan atau kelelahan.

3. Beres-beres laci
Studi membuktikan sesuatu yang berantakan memicu stres di rumah. Karenanya segera singkirkan segala hal yang bisa menimbulkan kekacauan. Benda kecil seperti pena, buku catatan, dan lainnya perlu diatur dan disimpan lebih rapi supaya rumah tak berantakan. Anda bisa mulai mengaturnya dari merapikan laci meja. Bukan hanya laci Anda yang merasa "lega" pikiran Anda pun lebih tenang dibuatnya.

4. Merapikan tempat tidur
Ketenangan pikiran bisa didapatkan dari kebiasaan paling sederhana yakni merapikan tempat tidur setiap pagi. Hanya butuh waktu beberapa menit melakukan kebiasaan ini dan sepanjang hari Anda akan merasa senang karena diawali oleh pagi yang tenang.

Gretchen Rubin, penulis buku The Happiness Project and Real Happiness At Home, mengatakan hal sederhana ini bisa membawa perubahan besar.

"Semuanya terlihat lebih rapi dan memudahkan Anda mencari sepatu atau lainnya. Kamar tidur juga lebih menyenangkan. Bagi kebanyakan orang, apa yang teratur di luar memberikan kontribusi kepada ketenangan di dalam diri," kata Rubin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com