Kompas.com - 01/07/2014, 14:35 WIB
Cuci piring bisa bikin pikiran lebih tenang, manfaatnya seperti efek meditasi. SHUTTERSTOCKCuci piring bisa bikin pikiran lebih tenang, manfaatnya seperti efek meditasi.
Penulis Wardah Fajri
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Tak hanya meditasi yang bisa membantu Anda menenangkan pikiran. Melakukan kegiatan sederhana di rumah tangga bisa menjadi cara lain untuk membuat pikiran lebih tenang dan hati senang. Syaratnya lakukan pekerjaan rumah tangga ini dengan tulus dan buka pikiran untuk bisa mendapatkan manfaat dari setiap tahapan saat melakukan pekerjaan tersebut.

1. Mencuci piring
Aktivitas yang satu ini sangat mungkin membuat pikiran tenang. Caranya, fokus pada hal-hal kecil dalam proses pengerjaannya. Saat Anda menggosok alat makan dengan spons misalnya.

Penulis blog di Huffington Post, Laurie Erdman, mengatakan sejak awal memulai pekerjaan ini ada sensasi di setiap detailnya. Suara air mengalir, gelembung sabun, aroma cairan pembersih piring, bunyi alat makan saling berbenturan, hangatnya air mengair. Perhatikan tiap detil ini dengan lebih konsentrasi pada pekerjaannya bukan berapa lama pekerjaan berlangsung atau berapa banyak piring yang harus dicuci.

2. Memasak
Memasak makanan ukuran besar untuk makanan utama melatih konsentrasi, kreativitas, sikap waspada, hingga ketenangan pikiran. Proses memasak memberikan kesempatan kepada diri Anda untuk hadir saat itu, fokus dan tenang, bukan merasa terganggu, tertekan atau kelelahan.

3. Beres-beres laci
Studi membuktikan sesuatu yang berantakan memicu stres di rumah. Karenanya segera singkirkan segala hal yang bisa menimbulkan kekacauan. Benda kecil seperti pena, buku catatan, dan lainnya perlu diatur dan disimpan lebih rapi supaya rumah tak berantakan. Anda bisa mulai mengaturnya dari merapikan laci meja. Bukan hanya laci Anda yang merasa "lega" pikiran Anda pun lebih tenang dibuatnya.

4. Merapikan tempat tidur
Ketenangan pikiran bisa didapatkan dari kebiasaan paling sederhana yakni merapikan tempat tidur setiap pagi. Hanya butuh waktu beberapa menit melakukan kebiasaan ini dan sepanjang hari Anda akan merasa senang karena diawali oleh pagi yang tenang.

Gretchen Rubin, penulis buku The Happiness Project and Real Happiness At Home, mengatakan hal sederhana ini bisa membawa perubahan besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Semuanya terlihat lebih rapi dan memudahkan Anda mencari sepatu atau lainnya. Kamar tidur juga lebih menyenangkan. Bagi kebanyakan orang, apa yang teratur di luar memberikan kontribusi kepada ketenangan di dalam diri," kata Rubin.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.