Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Buah dan Sayuran Tak Bisa Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 06/07/2014, 11:00 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber foxnews

KOMPAS.com – Seperti yang sering kita dengar, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran bisa membantu menurunkan berat badan. Benarkah demikian?

Sebuah studi terbaru dari American Journal of Clinical Nutrition, mengungkapkan bahwa konsumsi buah dan sayur tidak akan membantu menurunkan berat badan!

Studi ini dilakukan terhadap 1200  partisipan, dengan cara menganalisis tujuh metode diet yang sedang populer. "Dari tujuh metode diet yang dilakukan, hasil penurunan berat badannya mendekati angka nol (tidak berubah)," kata Penulis Studi, Kathryn Kaiser.

Hal ini disebabkan banyak orang yang menambah konsumsi buah dan sayur, tetapi tak mengubah jumlah asupan kalori dari sumber makanan lain yang masuk ke dalam tubuh.

Sebenarnya, buah dan sayuran juga memiliki kandungan kalori, bahkan beberapa di antaranya terbilang cukup tinggi. Jadi, Anda yang sedang menjalani program diet, juga harus memerhatikan jenis buah yang Anda santap.

"Buah dan sayuran memiliki banyak manfaat, dan kami mendorong masyarakat untuk memasukkan buah dan sayuran ini dalam makanan diet mereka," kata penulis studi, David Allison, Dekan Ilmu Pengetahuan di UAB School of Public Health.

Namun, para peneliti menganjurkan agar Anda juga mawas pada takaran kalori buah dan sayuran. Jadi, Anda harus waspada dengan jenis buah serta sayuran pilihan.

Meski diklaim tidak membantu menurunkan berat badan, peneliti sepakat bahwa konsumsi buah dan sayuran secara ekstra tidak membuat berat badan melonjak signifikan. "Tampaknya peningkatan porsi buah dan sayur ini adalah cara yang baik untuk mendapatkan lebih banyak vitamin dan serat dalam diet Anda," kata Kaiser.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber foxnews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com