Kompas.com - 06/07/2014, 11:00 WIB
Ilustrasi pembatasan kalori. ShutterstockIlustrasi pembatasan kalori.
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com – Seperti yang sering kita dengar, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran bisa membantu menurunkan berat badan. Benarkah demikian?

Sebuah studi terbaru dari American Journal of Clinical Nutrition, mengungkapkan bahwa konsumsi buah dan sayur tidak akan membantu menurunkan berat badan!

Studi ini dilakukan terhadap 1200  partisipan, dengan cara menganalisis tujuh metode diet yang sedang populer. "Dari tujuh metode diet yang dilakukan, hasil penurunan berat badannya mendekati angka nol (tidak berubah)," kata Penulis Studi, Kathryn Kaiser.

Hal ini disebabkan banyak orang yang menambah konsumsi buah dan sayur, tetapi tak mengubah jumlah asupan kalori dari sumber makanan lain yang masuk ke dalam tubuh.

Sebenarnya, buah dan sayuran juga memiliki kandungan kalori, bahkan beberapa di antaranya terbilang cukup tinggi. Jadi, Anda yang sedang menjalani program diet, juga harus memerhatikan jenis buah yang Anda santap.

"Buah dan sayuran memiliki banyak manfaat, dan kami mendorong masyarakat untuk memasukkan buah dan sayuran ini dalam makanan diet mereka," kata penulis studi, David Allison, Dekan Ilmu Pengetahuan di UAB School of Public Health.

Namun, para peneliti menganjurkan agar Anda juga mawas pada takaran kalori buah dan sayuran. Jadi, Anda harus waspada dengan jenis buah serta sayuran pilihan.

Meski diklaim tidak membantu menurunkan berat badan, peneliti sepakat bahwa konsumsi buah dan sayuran secara ekstra tidak membuat berat badan melonjak signifikan. "Tampaknya peningkatan porsi buah dan sayur ini adalah cara yang baik untuk mendapatkan lebih banyak vitamin dan serat dalam diet Anda," kata Kaiser.

 

 



Sumber foxnews
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X