Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara "Internet Marketer" Hasilkan Miliaran Rupiah dari Bisnis "Online"

Kompas.com - 07/07/2014, 10:38 WIB
KOMPAS.com - Percayakah Anda, dengan jumlah sekitar 34,8 juta pengguna internet di Indonesia, ada begitu banyak kesempatan pula bagi orang-orang di negeri ini untuk menghasilkan miliaran rupiah secara online?

Seperti yang dialami Adryan Fitra, internet marketer Indonesia pertama yang berhasil menghasilkan Rp 1 miliar melalui Google Adsense. Juga Rakean Gagah, internet marketer sukses dari Indonesia yang mendirikan Rakean.co.id, perusahaan edukasi bisnis online  dengan penghasilan rata-rata Rp 3,6 miliar per tahun.

Dalam acara Sesi Cerdas Seminar ke-3 berjudul "Internet Marketing: Decoded" yang diselenggarakan Indonesia Freelancers Association (IFA) bersama Freelancer.com dan Warrior Forum, serta didukung oleh StartupBisnis.com, portal berita yang mengedukasi tentang ekosistem startup di Indonesia, entrepreneurship, dan bisnis online, kedua internet marketer ini pun berbagi kisah suksesnya.

Sesi Cerdas Seminar ini kembali dihadirkan di tahun ini sebagai misi berkelanjutan untuk mengedukasi serta mendorong para freelancer, startup, dan profesional independen yang sedang bertumbuh pesat di Indonesia.

Dalam seminar ini, selain Adryan dan Rakean, Founder StartupBisnis.com, Rhein Mahatma, terlebih dulu memaparkan, "Dengan menggunakan alat ukur “tracking ” dan analisa, Anda dapat menguji tingkat konversi dengan biaya yang lebih hemat dibandingkan menggunakan kampanye media tradisional.“

Jika strategi marketing  yang dilakukan ternyata tidak menghasilkan return on investment (ROI) yang diinginkan, lanjut Rhein, Anda dapat menyempurnakannya tanpa perlu meluncurkan kampanye baru yang berbiaya mahal, seperti yang biasanya diperlukan dari media outlet tradisional.

“Sebuah strategi dari internet marketing yang sukses, akan memberi Anda cara yang terukur untuk menargetkan siapa saja pasar Anda, serta memposisikan bisnis Anda. Ini hanyalah salah satu dari level awal dari proses penjualan, tapi ini sangat vital bagi kesuksesan bisnis terutama bisnis online, serta dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak uang dari yang bisa dibayangkan, yang dihasilkan secara online,” kata Adryan.

Rakean menambahkan, “Berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang internet marketer  profesional dan founder dari perusahaan edukasi bisnis online milik saya, sangat lah vital untuk membantu para entrepreneur serta profesional dalam memahami konsep-konsep dasar blogging dan marketing online, seperti Riset Niche-Keywords dan SEO (search engine optimization) untuk menjalankan bisnis online secara efektif.”

(Tabloid Nova/Intan Y. Septiani)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com