Kompas.com - 10/07/2014, 15:28 WIB
Jari bertinta KOMPAS.com/Wardah FajriJari bertinta
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com — Pemilu telah berlalu, meninggalkan sisa tinta ungu pada jari Anda. Bagi Anda yang merasa terganggu dengan tinta tersebut, uraian berikut merupakan cara praktis untuk membersihkannya.

1. Pembersih cat kuku
Menghilangkan tinta di kulit akan lebih mudah bila menggunakan pembersih cat kuku atau umum dikenal dengan aseton. Teteskan aseton pada kapas, kemudian oleskan secara perlahan pada bagian kulit yang tercelup tinta, hingga tinta memudar dan hilang.

2. Gunting kuku
Gunting kuku juga bisa membantu menghilangkan noda tinta yang tertinggal di kuku. Caranya, gunakan bagian kikir gunting (bagian bergerigi) dan gosok di kuku yang terpapar noda.

3. Pemutih pakaian
Larutkan pemutih pakaian dengan air secukupnya, kemudian celupkan jari Anda sampai tinta perlahan luruh dan menghilang. Setelah itu, cuci tangan Anda dengan sabun hingga bersih.

4. Losion anti-nyamuk
Oleskan losion anti-nyamuk di bagian yang terkena tinta, kemudian gosok sampai nodanya hilang. Selanjutnya, bersihkan jari dengan sabun cuci tangan dan bilas hingga bersih.

5. Lem kertas cair
Oleskan lem cair pada kulit yang terkena tinta, lalu diamkan sampai kering. Selanjutnya, gosok kulit sampai bersih, kemudian cuci dengan air dan sabun mandi. (Berbagai sumber)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.