Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Menghilangkan Tinta Pemilu di Jari Tangan

Kompas.com - 10/07/2014, 15:28 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com — Pemilu telah berlalu, meninggalkan sisa tinta ungu pada jari Anda. Bagi Anda yang merasa terganggu dengan tinta tersebut, uraian berikut merupakan cara praktis untuk membersihkannya.

1. Pembersih cat kuku
Menghilangkan tinta di kulit akan lebih mudah bila menggunakan pembersih cat kuku atau umum dikenal dengan aseton. Teteskan aseton pada kapas, kemudian oleskan secara perlahan pada bagian kulit yang tercelup tinta, hingga tinta memudar dan hilang.

2. Gunting kuku
Gunting kuku juga bisa membantu menghilangkan noda tinta yang tertinggal di kuku. Caranya, gunakan bagian kikir gunting (bagian bergerigi) dan gosok di kuku yang terpapar noda.

3. Pemutih pakaian
Larutkan pemutih pakaian dengan air secukupnya, kemudian celupkan jari Anda sampai tinta perlahan luruh dan menghilang. Setelah itu, cuci tangan Anda dengan sabun hingga bersih.

4. Losion anti-nyamuk
Oleskan losion anti-nyamuk di bagian yang terkena tinta, kemudian gosok sampai nodanya hilang. Selanjutnya, bersihkan jari dengan sabun cuci tangan dan bilas hingga bersih.

5. Lem kertas cair
Oleskan lem cair pada kulit yang terkena tinta, lalu diamkan sampai kering. Selanjutnya, gosok kulit sampai bersih, kemudian cuci dengan air dan sabun mandi. (Berbagai sumber)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com