Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Tak Semua Kemeja Kotak-kotak Disebut Flanel

Kompas.com - 11/07/2014, 13:08 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Busana, kemeja, atau kaus dengan motif kotak-kotak kerap disalahartikan dengan istilah baju flanel, padahal tidak semuanya demikian. Sebab, flanel bukan nama motif, melainkan salah satu jenis garmen.

Motif kemeja kotak-kotak  sempat mencetak tren pada era 90-an, dan sekarang kembali dipopulerkan oleh capres nomor dua, Joko Widodo, yang nyaris setiap waktu selalu terlihat mengenakan kemeja kotak-kotak dengan paduan warna merah, biru tua, dan putih.

Sekadar informasi singkat, agar para pecinta mode tanah air tak lagi keliru, perlu Anda ketahui bahwa flanel menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, flanel/fla·nel/ /flanél/ n kain panas yg berkabu-kabu.

Kemudian dalam kamus bahasa Inggris, flanel: flan·nel noun \?fla-n?l\: a soft cloth made of wool or cotton, ataupakaian lembut yang terbuat dari wol atau katun.

Jadi, flanel bukan nama motif, melainkan jenis bahan kemeja. Nah, untuk motif kotak-kotak sendiri, di ranah mode disebut dengan istilah plaid atau kotak-kotak. Ini diperkuat dengan penjelasan yang diuraikan dalam kamus bahasa Inggris, plaid noun \?plad\: a pattern on cloth of stripes with different widths that cross each other to form squares, atau  motif dari pakaian yang terbentuk dari garis yang berbeda, horisontal dan vertikal, sehingga menjadikannya, bentuk kotak.

Berikut penjelasan lebih rinci dengan ilustrasi gambar:

Kemeja bahan flanel

HUFFINGTON POST Kemeja abu-abu berbahan flanel


Kemeja motif kotak-kotak

 

HUFFINGTON POST Ilustrasi kemeja kotak-kotak bahan katun

Kemeja flanel kotak-kotak

HUFFINGTON POST Aktris Claire Danes mengenakan kemeja flanel kotak-kotak


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com