Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur atau Cuti Kerja Saat Pengumuman Pilpres? Ini Hasil Pantauannya

Kompas.com - 23/07/2014, 08:17 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih yakni nomor urut 2, pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, pada Selasa 22 Juli 2014.

Sebelum KPU mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, berbagai pihak sudah mengantisipasi kondisi yang dikhawatirkan rusuh. Nyatanya, Ibukota aman dari kerusuhan meski sebagian kantor meliburkan karyawannya atau ada juga yang sengaja cuti kerja.

Pengumuman Pilpres 2014 ini memang beda dari Pemilu sebelumnya. Sebagian orang merasa khawatir beraktivitas, tetapi tak sedikit juga orang yang berkegiatan seperti biasa. Alhasil, pada 22 Juli sebagian orang meliburkan diri atau cuti, bahkan diliburkan oleh kantornya.

Berikut pantauan media monitoring Awesometrics di media sosial dengan mengkhususkan percakapan pada kata-kata "cuti", "ga kerja", "ga masuk kerja", "ga masuk", "diliburin", "pengumuman KPU", "pengumuman pilpres", dan lainnya.

Hingga Selasa (22/7) sore, Awesometrics selama seminggu (15 – 22 Juli 2014), menangkap 522 percakapan beberapa warga ibukota yang berniat cuti atau libur atau meliburkan diri karena khawatir rusuh. Ada 70 percakapan dari Facebook dan 452 kali percakapan dari Twitter.

Tak hanya meliburkan diri atau cuti, bahkan beberapa kantor telah meliburkan karyawannya terkait pengumuman Pilpres resmi oleh KPU.

Seperti yang diungkapkan oleh Rama Dita, dalam akunnya @ramadyta, yang kantor saudara perempuannya diliburkan karena khawatir akan terjadi kerusuhan. Begitu juga dengan akun @amiieeazzahra yang kantornya ikut diliburkan. Namun tampaknya wanita bernama asli Rahmy Dwi Jayanti ini menanggapi positif, alias senang karena diliburkan.

Sementara ada pula yang tak menanggapi serius isu kerusuhan dan tetap beraktivitas seperti biasa. Akun @Irma921008 menulis “Hari ini katanya jgn keluar rumah, takut ada kerusuhan akibat pilpres. Tp gue tetep keluar rumah,,,” Akun @sychotika menulis tweet dengan nada bergurau “jakarta hari ini berasa sepi yah, gatau krna pada mudik atau takut keluar rumah karna pengumuman pilpres :D”

Bagaimana dengan Anda, cuti atau libur bersama saat pengumuman Pilpres 2014 lalu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com