Kompas.com - 26/07/2014, 21:52 WIB
Koleksi mukena Meccanism by Zaskia Adya Mecca. KOMPAS.com/Wardah FajriKoleksi mukena Meccanism by Zaskia Adya Mecca.
Penulis Wardah Fajri
|
EditorWardah Fajri

KOMPAS.com
- Aktris Zaskia Adya Mecca merupakan salah satu selebriti Indonesia yang memiliki bisnis fesyen dengan label Meccanism. Koleksi busananya mewakili karakternya yang simpel, kasual, dengan pilihan bahan dan gaya busana yang mengedepankan kenyamanan. Tak hanya busana, Zaskia juga merilis koleksi mukena Meccanism.

Zaskia mulai menjalankan bisnis mukena dengan niatan membantu istri teman yang meninggal karena leukimia. Niat awalnya sebatas membantu karena mengkhawatirkan anak teman yang menjadi yatim selain membantu sang istri agar bisa lebih mandiri berdaya untuk keluarganya.

Tak disangka, bisnis yang diawali dengan niatan membantu orang terdekat ini berbuah manis. Butik Meccanism yang punya banyak pelanggan setia justru lebih dikenal dengan jilbab dan mukena daripada koleksi busananya.

"Orang kalau datang ke toko yang dicari kalau enggak jilbab ya mukena. Mukena menjadi salah satu signature butik," kata Zaskia kepada Kompas Female.

Mukena buatan temannya, Mia, laris manis di toko. Setiap minggu, butik di kawasan Kemang ini selalu menyediakan koleksi mukena terbaru. Sejalan dengan konsep berbusana Zaskia, koleksi mukena Meccanism juga mengandalkan kenyamanan dan daya personal yang menunjukkan karakter penggunanya.

Mukena berlabel Meccanism ini berbahan katun yang nyaman, dengan aneka motif menarik dan warna tak biasa. Tak seperti kebanyakan mukena yang mengandalkan bordir atau bahan parasit, mukena Meccanism menggunakan motif yang sedang menjadi tren, yakni garis dan asimetris, selain motif yang banyak digemari seperti bunga, etnik, dan lainnya. Warna mukena juga tak konvensional. Ada mukena berwarna hitam, atau garis hitam putih. Sekilas mukena Meccanism terlihat menonjol kalau dipakai di antara mukena yang kebanyakan dipakai muslimah. Namun untuk "meredam" kesan menonjol, Zaskia memilih menggunakan kain mukena warna polos yang senada dengan atasan bermotif.

Alat shalat yang mewakili karakter penggunanya ini hanya diproduksi 70 item untuk satu motif. Kalau Anda datang ke butik dan menyukai salah satu motif, sebaiknya langsung pilih karena bisa jadi Anda akan kehabisan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ciri khas di sini kalau ada keluaran baru sebaiknya buru-buru dibeli jangan kebanyakan mikir karena biasanya empat hari akan habis dan kalau dicari lagi sudah enggak ada," kata Zaskia.

Begitu pun yang terjadi pada mukena Meccanism. Selain motifnya menarik dan bisa mewakili karakter penggunanya, mukena koleksi Meccanism juga tak dibanderol dengan harga tinggi. Menjual mukena dengan harga terjangkau, di bawah Rp 500.000 memang menjadi perhatian Zaskia.

"Tadinya harganya Rp 250.000 tapi sekarang naik menjadi Rp 300.000 setelah buka cabang dan semakin banyaknya reseller," tuturnya.

Zaskia terlibat penuh dalam pemilihan mukena koleksi Meccanism yang pada awalnya hanya menerima apa adanya yang dikirimkan oleh Mia. Mia, istri almarhum Iqbal Rais, murid Hanung Bramantyo, memang sudah lebih dahulu berbisnis mukena. Saat Iqbal meninggal, Zaskia yang memiliki hubungan dekat lantaran Hanung pernah menjadi saksi pernikahan Iqbal dan Mia, merasa turut bertanggungjawab sebagai kerabat.

"Mereka punya anak berusia tiga dan kami merasa bertanggungjawab kepada almarhum Iqbal supaya istri bisa mandiri. Saya bertanya ke Mia, apa yang dia punya. Dia bilang punya koleksi mukena. Awalnya saya hanya menerima kiriman mukena yang saya beri label Meccanism dan dijual di butik dengan seluruh keuntungan untuk keluarganya. Niat awalnya untuk membantu," tutur Zaskia.

Lama kelamaan, melihat banyaknya motif mukena yang unik, Zaskia pun mulai terlibat memilih bahan dan motif. Zaskia tak ingin berbisnis mukena polos atau banyak tulisan. Baginya, tak ada yang salah dengan mukena bermotif selama tidak berlebihan dan tak mengganggu orang di sekitarnya.

Memproduksi mukena sejak 2013 dengan bermitra bersama sahabatnya juga membawa keuntungan tersendiri. Zaskia merasa menemukan mukena yang bisa mewakili kepribadiannya. Ia akhirnya bisa memiliki mukena warna hitam yang selama ini sulit dicarinya. Mukena baginya adalah fashion statement muslimah. Mukena semestinya mewakili kepribadian muslimah dan menjadi fashion item yang selalu ada bersamanya untuk menjalankan ibadah harian di mana saja.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X