Kompas.com - 05/08/2014, 14:12 WIB
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com — Persoalan yang dihadapi banyak keluarga Indonesia saat momen Lebaran usai adalah menanti kepulangan para asisten rumah tangga (ART). Beberapa di antaranya ada yang memenuhi janji untuk kembali, tetapi tak sedikit yang ingkar sampai tak kunjung datang.

Sebagai seorang istri dan ibu yang baik, sebenarnya Anda bisa saja menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, tetapi apa daya jika harus dibarengi dengan bekerja di kantor dan mengurus anak. Mau tidak mau, Anda memang membutuhkan seorang ART untuk membantu keseimbangan waktu sehari-hari.

Namun, mempekerjakan ART baru bukanlah hal yang mudah, Anda perlu melatih mereka dengan sabar dan mendetail. Coba simak uraian di bawah ini yang menjelaskan beberapa langkah tepat menghadapi seorang ART baru.

1. Sebelum ART baru tiba dan mulai bekerja di rumah, siapkanlah daftar aturan yang rinci untuknya, sekaligus sebagai panduan dalam bekerja.

2. Ketika ART sudah sampai di rumah Anda, berikan kesempatan kepadanya untuk bertanya sebanyak mungkin seputar tanggung jawab dan lingkup kerjanya kepada Anda.

3. Memiliki ART bukan berarti Anda jadi bebas tugas sama sekali. Pada dasarnya, tugas mereka hanya membantu Anda melakukan pekerjaan yang tidak sempat dilakukan sendiri karena kesibukan di luar rumah. Maka dari itu, meskipun memiliki ART, Anda juga harus turun tangan menyelesaikan macam-macam pekerjaan rumah tangga yang bisa dilakukan sendiri.

4. Saat memiliki ART, perlakukan mereka dengan perilaku dan tutur kata yang baik. Memang benar, mereka bekerja untuk Anda, tetapi bukan berarti Anda memperlakukan mereka dengan semena-mena. Ingat saja, betapa beratnya pekerjaan mereka, dan Anda tak mampu menyelesaikannya seorang diri.

5. Jangan lupa beri mereka hari libur. Sebab, sama seperti kita semua, ART pun pasti tak sanggup bekerja 24 jam seminggu tanpa hari rehat.

6. Berikan mereka gaji berupa uang tunai setiap bulan. Hindari memberi gaji dengan cara kolektif. Sebab, mereka juga manusia yang punya kepentingan dan kebutuhan pribadi yang harus dibeli dengan uang.

7. Jangan larang mereka berkomunikasi dengan keluarga. ART mempunyai hak untuk bisa bertukar kabar dan pesan kepada keluarganya di kampung halaman. Namun, ingatkan dia agar hal tersebut jangan sampai mengganggu kinerjanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber New Vision
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.