Kompas.com - 11/08/2014, 07:33 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Masih ingatkah Anda akan kegembiraan masa kecil yang banyak dihabiskan bermain di lapangan atau taman? Sayangnya sekarang ini bukan hanya orang dewasa yang lebih banyak berada di dalam ruangan, anak-anak pun demikian.

Berada di luar ruangan dan menghirup udara segar sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jiwa dan raga. Penelitian ilmiah membuktikan apa saja manfaat udara segar bagi tubuh.

- Menyelamatkan nyawa
Seperti yang kita pelajari di sekolah, pohon menggunakan fotosintesis untuk mengubah karbondioksida menjaid oksigen yang kita perlukan untuk bernapas. Dalam setahun, kehadiran pohon bisa menyelamatkan 850 nyawa dan mencegah 670.000 penyakit pernapasan akut.

Pohon akan mengusir polusi dari udara sehingga lebih sehat untuk masuk ke dalam paru-paru. Polusi udara sendiri diketahui berdampak sangat buruk, bahkan paparan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker dan bayi lahir cacat.

- Meningkatkan sistem imun
Sering-seringlah berada di lingkungan dengan udara bersih, terlebih jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang padat. Berolahraga di udara yang bersih juga akan meningkatkan sel pembunuh kuman alami dalam tubuh.

- Mengusir stres
Berjalan-jalan di bawah rindah pepohonan dan menghirup wanginya bunga bukan hanya membuat kita bahagia tapi juga meningkatkan rasa relaks. Berjalan di udara bersih juga akan membuat kita lebih tenang dan rasa cemas berkurang.

- Meningkatkan energi
Salah satu cara untuk membuat tubuh lebih berenergi dengan sehat adalah menghabiskan waktu di udara terbuka yang bersih. Aktivitas tersebut diketahui meningkatkan energi hingga 90 persen. Alam adalah energi untuk jiwa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X