Kompas.com - 13/08/2014, 20:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorSyafrina Syaaf


KOMPAS.com - Perceraian bukan berita baik, terutama bagi anak-anak. Mereka adalah pihak yang terkena dampak paling buruk. Namun, jika pernikahan Anda dan pasangan memang sudah tak bisa dipertahankan lagi, hindari melakukan hal-hal ini kepada anak Anda setelah perceraian:

1. Jangan mendorong anak-anak untuk berbicara tentang perceraian jika mereka tidak mau. Tak perlu menuntut mereka karena pemaksaan akan membuat kebencian. Bisa jadi mereka malah memilih mencari sumber informasi dari orang lain.

2. Jangan berbicara negatif tentang perceraian orang lain. Orangtua memberikan contoh perceraian orangtua lain dengan harapan anak bisa menerimanya. Bagi anak-anak, cerita tersebut membingungkan dan membuat mereka makin frustrasi.

3. Jangan mengajak anak-anak masuk lebih dalam ke masalah perceraian. Mereka masih anak-anak dan belum bisa berpikir atau bertindak dewasa.

4. Jangan berbagi semua ketakutan, kecemasan, kemarahan, kebencian, atau kesedihan Anda dengan anak-anak. Mereka belum sampai pada perkembangan bagaimana mengatasi semua hal-hal tersebut. Kadang-kadang orangtua menginginkan anak-anak merawat mereka. Padahal, itu bukan posisi yang baik untuk anak-anak.

5. Lakukan perencanaan keluarga yang baru dengan tenang tanpa emosi. Duduklah dan biarkan anak-anak tahu peran apa yang akan berubah. Jangan lakukan secara demokratis dan jangan meminta pendapat atau penilaian. Cara begitu malah tidak membantu anak-anak bertanggung jawab pada pekerjaan mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X