Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Perceraian, Jangan Lakukan 5 Hal Ini pada Anak

Kompas.com - 13/08/2014, 20:00 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis


KOMPAS.com - Perceraian bukan berita baik, terutama bagi anak-anak. Mereka adalah pihak yang terkena dampak paling buruk. Namun, jika pernikahan Anda dan pasangan memang sudah tak bisa dipertahankan lagi, hindari melakukan hal-hal ini kepada anak Anda setelah perceraian:

1. Jangan mendorong anak-anak untuk berbicara tentang perceraian jika mereka tidak mau. Tak perlu menuntut mereka karena pemaksaan akan membuat kebencian. Bisa jadi mereka malah memilih mencari sumber informasi dari orang lain.

2. Jangan berbicara negatif tentang perceraian orang lain. Orangtua memberikan contoh perceraian orangtua lain dengan harapan anak bisa menerimanya. Bagi anak-anak, cerita tersebut membingungkan dan membuat mereka makin frustrasi.

3. Jangan mengajak anak-anak masuk lebih dalam ke masalah perceraian. Mereka masih anak-anak dan belum bisa berpikir atau bertindak dewasa.

4. Jangan berbagi semua ketakutan, kecemasan, kemarahan, kebencian, atau kesedihan Anda dengan anak-anak. Mereka belum sampai pada perkembangan bagaimana mengatasi semua hal-hal tersebut. Kadang-kadang orangtua menginginkan anak-anak merawat mereka. Padahal, itu bukan posisi yang baik untuk anak-anak.

5. Lakukan perencanaan keluarga yang baru dengan tenang tanpa emosi. Duduklah dan biarkan anak-anak tahu peran apa yang akan berubah. Jangan lakukan secara demokratis dan jangan meminta pendapat atau penilaian. Cara begitu malah tidak membantu anak-anak bertanggung jawab pada pekerjaan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com