Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Cegah "Tragedi" Saat Berlibur dengan Si Kecil

Kompas.com - 22/08/2014, 18:30 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Boldsky
KOMPAS.com – Berlibur bersama si kecil memang menyenangkan. Namun, perlu persiapan khusus untuk membuat sang buah hati merasa aman dan nyaman selama perjalanan. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan, simak tips berikut ini:


1. Kapas
Ketika bepergian dengan pesawat terbang, tekanan udara yang berubah akan membuat telinga si kecil sakit. Akibatnya, ia akan menangis. Untuk menghindari hal ini, jangan lupa membawa kapas bayi untuk digunakan sebagai penutup telinganya.

2. Susu
Jika Anda masih menyusui, maka sebelum berangkat dan sebelum sampai di kota tujuan, usahakanlah untuk menyusui bayi Anda. Jika Anda berpergian menggunakan pesawat, susui dia sebelum waktu take-off dan kala landing. Dengan demikian, perhatiannya pun akan teralih dan tak menimbulkan keributan.

3. Ajak dia berjalan-jalan
Balita, khususnya yang sudah bisa merangkak atau berjalan biasanya susah untuk duduk tenang. Selain itu, mereka juga susah menyesuaikan diri dengan ruang yang sempit. Oleh karenanya, ajaklah dia berjalan-jalan di sepanjang koridor pesawat atau kereta. Cara yang demikian, bisa membuat mereka tidak merengek terus menerus.

4. Ganti popok
Sebelum pergi, usahakan untuk mengganti popoknya. Jika perjalanan cukup jauh, maka bawalah popok dan tisu basah secukupnya.

5. Mainan
Anak-anak mudah bosan, apalagi saat perjalanan jauh. Oleh karenanya, bawalah mainan favorit mereka, agar mereka bisa bermain selama perjalanan.

6. Buat dia tertidur
Cara paling aman agar si kecil tak merengek selama perjalanan adalah membuatnya tertidur. Letakkan selimut di tubuhnya, jika perlu nyanyikan lagu nina bobo favoritnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com