Manfaat Positif Menari untuk Anak-Anak

Kompas.com - 24/08/2014, 20:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf


KOMPAS.com
- Mungkin Anda beranggapan dengan mengajarkan aneka tarian kepada anak, itu sekadar untuk melestarikan budaya Indonesia saja. Jangan salah, tarian yang berkembang saat ini di Indonesia tak sebatas itu saja, tapi juga tarian modern.

Sebab, manfaat menari untuk anak-anak tak hanya untuk memperkenalkan dan melestarikan tarian daerah saja. "Untuk anak-anak sendiri, menari itu punya banyak manfaat," kata Hamdy Fabas, Penari Profesional Indonesia, kepada Kompas Female, saat acara konferensi pers Grand Final Mintz Gokilz Dance Competition di Parsley Resto, Yogyakarta, Jumat (22/8/2014) lalu.

Hamdy mengatakan, anak-anak yang diajarkan menari sejak kecil akan mendapatkan banyak keuntungan positif. "Ketika mereka mengenal tari sejak kecil, anak-anak akan lebih mudah menangkap beat dan irama musik," katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan, anak-anak yang belajar menari dianggap lebih disiplin, terutama jika mereka belajar menari secafa formal (akademi). Ketika belajar di akademi atau kursus menari, anak-anak tak cuma akan belajar teknik atau gerakan menari saja, mereka juga akan belajar hidup disiplin dan juga taat aturan.

"Mereka juga nantinya akan lebih mudah bergaul, karena secara tak langsung, menari itu akan meningkatkan kepercayaan diri anak-anak. Kepercayaan diri yang meningkat pun akan membuat pergaulan juga semakin luas," ujarnya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X