Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2014, 06:56 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
– Rasa mual, nyeri pada lambung, sakit pada ulu hati, memang beberapa gejala sakit maag. Namun, jangan anggap enteng ketika gejala-gejala tersebut muncul karena bisa saja Anda ternyata terkena sakit radang kantong empedu.

Dokter spesialis bedah saluran cerna, Errawan Wiradisuria mengatakan, gejala pada kedua penyakit itu memang sama. Banyak pasien yang mengira hanya sakit maag ketika gejala tersebut dirasakan.

“Kadang-kadang orang mengeluh sakit lambung, mual, sakit ulu hati, hingga menjalar ke punggung, dibilangnya maag. Maag selalu jadi kambing hitam,” kata Errawan di Rumah Sakit Siloam, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (3/9/2014).

Penyakit radang kantong empedu kadang disertai dengan adanya batu. Batu ini bisa menjadi salah satu pemicu radang karena adanya kuman pada batu tersebut. Gejala lebih lanjut untuk radang empedu yaitu mata menguning.  Inilah yang bisa membedakan dengan penyakit maag.

“Batu ke luar dari kantong empedu, menuju saluran dan menyumbat. Itu bisa menyebabkan mata kuning,” terang dia.

Namun, memang sulit untuk membedakan gejala awal kedua penyakit tersebut. Menurut Errawan cara paling mudah dan akurat untuk mengetahui penyakit pada seluran pencernaan adalah dengan melakukan USG (ultrasonografi).

Menurut dia, gangguan utama pada gangguan pencernaan ini adalah pola makan yang tidak sehat. Untuk itu, konsumsi lah makanan sehat seperti  memperbanyak sayuran, buah-buahan, atau makanan yang berserat tinggi. Perbanyak juga meminum air putih dan konsumsi vitamin. Selain pola makan, gaya hidup sehat juga perlu seperti olahraga teratur.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com