Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2014, 00:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber mdhealth

KOMPAS.com – Memiliki anak kembar memang menggemaskan, tak heran banyak pasangan suami istri yang rela menggelontorkan sejumlah uang melakukan inseminasi buatan dan bayi tabung. Sebab, dua metode tersebut memang terbilang berpotensi menciptakan pembuahan ganda.

Namun, seperti kita ketahui, ada harga ada barang. Nah, bayi tabung dan inseminasi buatan membutuhkan banyak uang. Lalu, bagaimana jika ingin anak kembar tapi dana terbatas? Coba simak beberapaa landasan alamiah untuk mendapatkan bayi kembar berikut ini: 

Faktor berat dan tinggi tubuh
Pembuahan ganda sering terjadi pada wanita dengan tubuh gemuk, dibandingkan wanita bertubuh kurus.  Hal ini dikarenakan wanita dengan berat badan berlebih dianggap memiliki gizi yang cukup dan baik. Selain itu, wanita dengan tubuh tinggi juga disinyalir lebih berpotensi melahirkan anak kembar.

Faktor makanan
Rajin mengonsumi produk berkandungan susu tinggi, secara medis dipercaya lima kali meningkatkan peluang untuk melahirkan bayi kembar. Penelitian ini juga mengatakan bahwa wanita vegetarian memiliki peluang kecil untuk melahirkan bayi kembar.

Para peneliti percaya bahwa susu dapat meningkatkan jumlah hormon yang memungkinkan terjadinya pembuahan ganda.

Faktor usia
Pasangan suami istri yang menikah di usia 30-an ke atas memiliki kesempatan lebih luas untuk mendapatkan anak kembar. Sebab, wanita berusia 35 memiliki kecenderungan memproduksi lebih dari satu telur saat ovulasi. Dengan demikian, sperma pun berkesempatan untuk melakukan pembuahan ganda. Maka dari itu, jika Anda ingin melahirkan bayi kembar, Anda bisa menunda kehamilan hingga usia menginjak usia 35 tahun atau lebih.

Faktor genetis
Jika dalam keluarga Anda terdapat banyak anak kembar, ini berarti kemungkinan Anda melahirkan bayi kembar sangat besar. Sejumlah peneliti mengatkan bahwa terjadinya pembuahan ganda dalam rahim sangat dipengaruhi oleh faktor genetis. Sebab, reproduksi sistem tubuh pada setiap manusia sangat dipengaruhi oleh pembagian DNA dalam indung telur dan sperma.

Faktor etnis
Wanita Asia memiliki peluang kecil untuk melahirkan bayi kembar dibandingkan dengan wanita Afrika.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber mdhealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com