Ginseng Merah Korea, Harganya Sebanding Khasiatnya

Kompas.com - 30/09/2014, 19:00 WIB
Ginseng ShutterstockGinseng
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bukan tanpa alasan jika Korea Selatan disebut sebagai negeri ginseng. Di negara ini tumbuh subur tanaman ginseng merah yang tersohor khasiatnya.

Harga ginseng memang tidak murah, ginseng merah korea konon merupakan jenis yang paling mahal. Menurut William Adi Teja, ahli obat tradisional Tiongkok, harga satu kilogram ginseng merah hampir mencapai Rp 2 juta.  Sementara itu ginseng putih biasa, harga perkilonya Rp 900 ribu. Tapi harga tersebut belum seberapa dibanding dengan ginseng liar yang harganya mencapai 200 juta rupiah perkilogram.

Ginseng merah memang lebih sulit ditanam dan langka. Salah satu tempat yang menjadi rumah bagi tanaman ginseng adalah Punggi, Korea. Tanaman ini cocok tumbuh di sana karena berada di ketinggian 400-500 meter di atas permukaan laut, tanahnya subur, dan beriklim sejuk.

Dari proses penanaman, ginseng merah membutuhkan waktu enam tahun agar bisa dipanen. Semakin tua ginsengnya, semakin baik kualitasnya. Alasannya, pada usia enam tahun ke atas, ginseng merah baru mengandung saponin dan ginsenosida dalam level tinggi.

Akar ginseng diketahui mengandung ginsenosida hingga 15 persen. Ginsenosida adalah senyawa yang mengatur kerja kelenjar pituitari dan adrenalin. Sementara ginseng kapsul, obat, atau tonik biasanya hanya mengandung 1,5 persen.

Ginseng merah juga mengandung saponin, zat alami yang mengandung fitokemikal terkonsentrasi. Komponen ini merupakan bagian alami dari sistem imun tumbuhan dan membantu mengaktivasi fungsi seluler tubuh.

Bicara tentang khasiat ginseng, yang langsung terpikir adalah herbal yang berkhasiat sebagai antiimpotensi. Ternyata hal tersebut bukan mitos. Dalam studi yang dimuat di American Journal of Urology, sebanyak 45 pria diuji untuk mengetahui manfaat ginseng merah terhadap kemampuan ereksi mereka. Sebagian diberi ginseng asli, sebagian lagi hanya diberi pil placebo (tidak punya zat aktif).

Mereka yang mendapat ginseng asli mengonsumsi 900 mg tiga kali sehari, selama delapan bulan. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi ginseng punya perkembangan signifikan terhadap gangguan ereksinya.

Studi lain yang dimuat Insitut Kesehatan Nasional mencatat bahwa ginseng merah mampu meningkatkan fungsi seksual wanita tanpa efek samping berbahaya.

Baca tentang
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X