Hati-hati, Kesepian Merugikan Kesehatan

Kompas.com - 01/11/2014, 19:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com
- Merasa kesepian bisa dialami oleh siapa saja. Tapi sebagai makhluk sosial, tentu tak ada yang ingin merasa seorang diri, tak punya teman, dan tidak bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya.

Penelitian terbaru oleh Psychological Science menemukan bahwa orang-orang yang merasa kesepian, kerap menggambarkan suatu boneka sebagai sosok manusia. Mereka dipandang sebagai seseorang yang berkepribadian aneh. Lebih dari itu, merasa kesepian bisa mengganggu masalah kesehatan.

"Orang-orang yang kesepian memiliki lebih banyak masalah pada kesehatan fisik dan mental daripada mereka yang berhubungan dengan banyak orang," ujar Bruce Rabin, seorang direktur Program Lifestyle University of Pittsburgh Medical Center.

Berikut empat efek kesepian bagi kesehatan

1. Depresi
Kesepian sering membuat seseorang merasa sedih. Berdasarkan hasil penelitian Universitas Chicago, semakin larut dalam kesedihan, semakin besar kemungkinan mengalami gejala depresi.

"Saat Anda kesepian, hormon otak yang berhubungan dengan stres seperti kortisol menjadi aktif sehingga dapat menyebabkan depresi," jelas Rabin.

Untuk mengurangi gejala depresi, seseorang perlu aktif berinteraksi sosial. Hal ini didukung oleh studi Colorado State University pada tahun 2009.

2. Pola makan tidak sehat
Mereka yang merasa kesepian akan mengurusi dirinya sendiri. Mereka cenderung menjadi kurang peduli dengan dirinya, termasuk masalah kesehatan.

Peneliti mengatakan bahwa pola makan orang-orang yang merasa kesepian menjadi tidak sehat jika makan seorang diri. Berbeda dengan mereka yang menyiapkan masakan untuk orang lain.

3. Jantung
Seseorang yang merasa kesepian juga lebih rentan terhadap penyakit jantung. Sebuah studi di Havard tahun 2012 menunjukkan bahwa orang dewasa yang hidup seorang diri memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 24 persen.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X