Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2014, 21:50 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


PENANG, KOMPAS.com -
Pulau Penang terkenal dengan destinasi wisata yang apik, namun ternyata dunia kedokteran pulau ini pun tak kalah mumpuni. Pulau yang berada di barat laut Malaysia ini pun menawarkan berbagai macam fasilitas kesehatan yang lengkap dengan harga terjangkau.

Dalam kunjungan ke Penang, Kompas.com berkesempatan untuk melihat-melihat fasilitas kesehatan di Penang. Setidaknya ada tiga rumah sakit yang dikunjungi, yaitu Loh Guan Lye Specialist Centre, Gleneagles Penang, dan Pantai Hospital.

Ketiga rumah sakit itu sebetulnya diperuntukkan pasien lokal yang ada di pulau Penang, namun sangat terbuka bagi pasien dari mancanegara. Terbukti dari penyediaan jasa akomodasi yang ditawarkan bagi pasien yang berasal dari luar Negeri Jiran.

"Kami bisa mengatur akomodasi seperti booking tiket penerbangan ke Penang, hotel, maupun penjemputan dari Bandara Penang," ujar Direktur Utama Loh Guan Lye Specialist Centre Mary C H Quah, Jumat (21/11/2014) lalu,

Biaya jasa tersebut biasanya juga didapatkan dengan cuma-cuma. Namun untuk tarif penerbangan ataupun hotel tetap dibebankan kepada pasien.

"Penjemputan dari bandara pun bisa sangat fleksibel, bahkan akhir pekan pun bisa asal sebelumnya dibuat janji terlebih dahulu," kata Mary.

Selain itu, beberapa rumah sakit juga menyediakan fasilitas penukaran mata uang. Sehingga pasien tidak perlu repot-repot pergi ke pusat penukaran mata uang di tempat lainnya.

Fasilitas medis

Baik Loh Guan Lye Specialist Centre, Gleneagles Hospital, maupun Pantai Hospital pada umumnya memiliki fasilitas medis yang lengkap dan berteknologi canggih. Fasilitas penegak diagnosis seperti CT Scan, MRI, ataupun laboratorium diklaim canggih tak kalah dengan Singapura.

Fasilitas seperti pengobatan kanker, baik radiologi maupun kemoterapi pun tersedia. Sebagian fasilitas bahkan terbaik untuk bidangnya saat ini.

Misalnya pada Loh Guan Lye Specialist Centre, tersedia alat radiologi untuk pengobatan kanker nasofaring yang dapat memberikan tembakan sinar sebanyak delapan sisi. Menurut dr Nellie Cheah Lay Chin, konsultan onkologi dan radioterapi, tujuan penyinaran yang dilakukan berbagai sisi adalah untuk menyasar pada sel-sel kanker dengan lebih akurat.

"Akurasi yang lebih tinggi membuat sinar tidak merusak sel-sel lain di sekelililing sel-sel kanker yang sehat," ujar Nellie.

Kenapa Penang?

Pasien mancanegara yang berniat mendapatkan pengobatan di negeri tetangga sering terdengar mengunjungi Singapura, atau Kuala Lumpur, Malaysia. Kedua tempat itu sudah dikenal memiliki fasilitas kesehatan yang baik dan petugas kesehatan yang ramah.

Namun Penang pun sebenarnya tak kalah untuk kedua keunggulan itu. Selain itu, Penang juga memiliki keunggulan lainnya yang mungkin tidak dimiliki kedua tempat itu.

Menurut Aileen Foo marketing manager Gleneagles Hospital, Penang merupakan pulau yang menawarkan keindahan alam dan warisan budaya yang tersohor. Sehingga selain mendapatkan fasilitas kesehatan, pasien atau keluarga yang mendampingi dapat sekaligus menjajal pengalaman wisata itu.

Terlebih, dengan ukuran wilayah yang tidak terlalu luas, jumlah kendaraan di Penang pun tidak banyak. Sehingga sangat mungkin untuk mencapai berbagai tempat di Penang dalam waktu singkat.

"Ini tentu akan mengurangi stres bagi pendatang yang terbiasa berada di kota besar yang padat. Pemandangan alam yang indah juga dapat merileksan pikiran dan mempercepat kesembuhan," tandas Aileen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com