Selain Polusi, Alasan Ini juga Bisa Buat Kulit Kusam dan Hitam

Kompas.com - 15/12/2014, 09:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com - Setiap wanita pasti menginginkan kulit yang sehat, indah, dan berseri-seri untuk penampilan yang lebih menarik. Namun, terkadang untuk memiliki kulit yang sehat dan indah membutuhkan upaya yang begitu keras dan sulit. Selain itu, lingkungan juga mempengaruhi kesehatan kulit Anda.

Menurut Steve Macari, seorang praktisi kesehatan holistik, secara umum permasalahan yang terjadi pada kulit hanya berkisar pada 4 faktor utama. Faktor-faktor ini membuat kulit Anda kusam dan tidak terlihat cerah. Apa sajakah faktor tersebut?

1. Disfungsi pencernaan
Kaitan antara sistem pencernaan dengan kulit sudah dikenal cukup lama. Antibiotik kadang digunakan untuk merawat masalah pada kulit. Jenis obat ini secara umum membunuh bakteri yang hidup di dalam sistem pencernaan.

"Masalahnya, antibiotik membunuh bakteri baik dan jahat. Bakteri jahat adalah komponen penting dalam banyak masalah kulit sampai Anda menyeimbangkannya dengan pilihan makanan dan gaya hidup untuk menjaga kesehatan kulit," ujar Macari.

2. Ketidakseimbangan hormonal
Pada dasarnya, pria maupun wanita memiliki hormon yang sama, hanya rasionya yang berbeda. Perubahan sekecil apapun dalam tingkat hormon dapat mengubah penampilan dan apa yang Anda rasakan. Kaitan antara hormon dan masalah kulit sering terlihat pada remaja yang mengalami puberitas, terapi hormon pada wanita, dan lainnya.

"Sistem endokrin atau sistem hormon cukup kompleks dan ketika terjadi ketidakseimbangan yang disebabkan oleh pilihan makanan yang buruk, dan kandungan racun, maka masalah pada kulit dapat muncul," sebut Macari.

3. Defisiensi nutrisi
Untuk dapat berfungsi dengan baik, tubuh membutuhkan banyak nutrisi, misalnya vitamin, mineral, asam lemak, dan asam amino. Ketika tubuh Anda mengalami defisiensi nutrisi-nutrisi tertentu, maka akan muncul permasalahan di dalam tubuh Anda. Menurut Macari, dalam banyak kasus permasalahan tersebut terjadi di kulit.

4. Racun
Kita semua terekspos toksin setiap saat, ketika bernafas saat berjalan menuju tempat kerja, ketika minum kopi, mandi, atau bahkan ketika mengaplikasikan losion ke kulit. Selain itu, bakteri jahat di dalam tubuh juga memproduksi racun. Untungnya, tubuh memiliki banyak mekanisme untuk membunuh racun, seperti pada hati, ginjal, paru-paru, kulit, dan usus.

"Sayangnya, bagian tubuh tersebut kerap terbebani oleh racun. Ini acapkali menyebabkan racun yang tidak terserap akan keluar melalui kulit. Untuk dapat berfungsi secara optimal, maka organ-organ itu perlu nutrisi. Bila pencernaan buruk, maka hati dapat tak berfungsi dan hormon menjadi tak seimbang," jelas Macari.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X