Kompas.com - 06/01/2015, 07:00 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf


KOMPAS.com -- Umumnya, anak sulung merupakan harapan, tumpuan, dan direncanakan untuk menjadi lebih sukses agar menjadi panutan para adik. Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa dalam hirarki keluarga zaman sekarang, anak tengah dan bungsu justru lebih unggul ketimbang sang kakak. Mengapa demikian?

Sebuah penelitian dari University of Essex memeriksa nilai ujian di sekolah dasar dan nilai kualifikasi nasional. Tujuannya untuk melihat apakah kesuksesan anak sulung di sekolah dapat memengaruhi adik-adiknya.

Akhirnya, ditemukan bahwa anak tertua meningkatkan kemampuan belajar adik-adiknya, setara dengan biaya sekolah seharga 670 poundsterling atau 12 juta rupiah. Efek ini bahkan lebih berpengaruh pada keluarga kurang mampu.

Penulis penelitian, Cheti Nicoletti dan Brigitta Rabe, mengatakan bahwa anak pertama cenderung senang berbagi ilmu pengetahuan yang mereka peroleh kepada adik-adik. Caranya lewat menolong adik mengerjakan pekerjaan rumah, atau memberikan tips yang bermanfaat mengenai sekolah dan guru. Hal yang demikian tentunya sangat membantu dan meringankan pekerjaan orangtua.  

Ternyata, konsep delegasi pengetahuan antaranak inilah yang membuat anak tengah dan anak bungsu jadi lebih cerdas. Sebab, ilmu yang diajarkan oleh sang kakak membuat para adik jadi lebih rajin dalam mengembangkan dan mengeksplorasi subjek pelajaran. Rantai pengetahuan tersebut yang menurut para peneliti membuat para adik-adik cenderung lebih cerdas dan sukses di masa depan.

Secara singkat, para peneliti menyimpulkan bahwa kecerdasan anak tengah dan anak bungsu tergantung dari tingkat intelegensi si sulung. Sebab, sang kakak lah yang memiliki peran kunci dalam mendongkrak prestasi adik-adiknya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dailymail


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.