Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Seniman Inggris Ciptakan Boneka Porselen Penuh Tato

Kompas.com - 06/01/2015, 14:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com –
Umumnya boneka porselen ditawarkan untuk para kolektor. Sebab, rasanya jarang sekali anak perempuan yang gemar memainkan boneka yang selalu menampilkan sosok perempuan pirang cantik dan bersahaja. Namun, seorang seniman dari Skotlandia mendobrak mayoritas dengan menciptakan sejumlah boneka porselen dengan jarahan tato yang menutupi nyaris seluruh bagian tubuh.

Boneka porselen bertato yang dibuat oleh Jessica Harrison (32) ini disebut dengan nama The Painted Lady. Rangkaian koleksi boneka porselen nyentrik tersebut digambar dengan menggunakan kuas lukisan yang dipulas dengan tangan.

Harrison sendiri diketahui lahir di Cambria dan pindah ke Edinburgh untuk memelajari seni pahat lebih mendalam. Untuk karyanya ini, Harrison menggunakan model boneka porselen wanita yang kemudian dipulas menggunakan cat enamel untuk menghias tato di tangan, leher, hingga dada.

Gambar-gambar tato yang ditorehkan Harrison merupakan ilustrasi tato klasik yang lazim ditorehkan pada tubuh pelaut zaman lampau, seperti gambar kapal, hati yang dihiasi tengkorak, hingga putri duyung penuh warna.

"Risetnya mengacu pada hubungan antara ruang interior dan eksterior tubuh manusia. Saya menggunakan permukaan tubuh sebagai sarana untuk melihat dan berpikir," tulis Harrison dalam biografinya.

Selanjutnya, Harrison menyatakan pula bahwa dirinya mendeskripsikan kembali tubuh dalam pahatan melalui kulit. Dengan demikian, terciptalah sebuah alternatif berpikir mengenai konsep tubuh, melalui tradisi biner baik dari luar maupun dalam tubuh.

Melalui modifikasi boneka porselen ciptaannya, Harrison mengeksplorasi pengaruh tato terhadap cara manusia memandang boneka yang mengimajikan seorang wanita berpenampilan sempurna. Lewat tampilan tato, Harrison berharap dapat mendobrak citra "putri cantik nan anggun". Tujuannya agar wanita lebih percaya diri tampil apa adanya dan bagaimana citra diri yang ingin dibangun.


Selain itu, Harrison juga meluncurkan koleksi Broken Lady yang menampilkan boneka porselen wanita yang berlumuran darah dan memegang organ dalam tubuh pada telapak tangan boneka. Kedua jenis boneka ini hanya hadir dalam jumlah terbatas, yakni 100 buah dengan harga 75 poundsterling atau setara sekitar Rp 1,4 juta per boneka. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com