Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2015, 08:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis



KOMPAS.com — Sejak fitur kamera depan pada ponsel ditemukan, lalu fungsi dan kualitasnya makin berkembang, banyak orang yang gemar berfoto diri atau lebih sering disebut selfie. Biasanya, perempuan lebih gemar selfie ketimbang lelaki. Namun, tak dimungkiri, ada pula lelaki yang keranjingan dengan hal ini.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University dan telah dipublikasikan di Journal of Personality and Individual Diffrences, pria yang gemar memotret diri adalah pria yang cenderung narsis dan berpotensi memiliki pribadi psikopat.

Lewat survei online yang dilakukan terhadap 800 pria, penelitian ini melihat kebiasaan pria saat menggunakan media sosial. Pertanyaan ini dirancang untuk mengukur tingkat obsesi terhadap diri sendiri, potensi psikopati (semua hal buruk, contohnya kurang empati), dan obyektifikasi diri (melihat diri sendiri, dari sudut pandang ketampanan).

Hasilnya, ada hubungan antara atribut kepribadian pria dan jumlah selfie yang diunggah. Peneliti mengatakan, pria yang mem-posting lebih banyak foto selfie memiliki tingkat narsis yang sangat tinggi dan bisa berujung pada perilaku psikopat.

Kecenderungan tersebut terbilang parah pada lelaki yang gemar mengedit hasil foto agar terlihat lebih baik dari penampilan asli.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com