Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Kecantikan Ekuador Wafat karena Adanya Kelalaian Operasi Sedot Lemak

Kompas.com - 14/01/2015, 22:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com —
Seorang ratu kecantikan, Catherine Cando (19), asal Ekuador, dinyatakan wafat akibat komplikasi yang disebabkan kesalahan dalam operasi sedot lemak. Awalnya, Cando enggan menjalani operasi yang merupakan hadiah dari ajang kontes kecantikan Queen of Duran.

Mendiang Cando yang merupakan seorang model paruh waktu sebenarnya menolak operasi sedot lemak tersebut. Sebab, menurutnya, dia mampu mengurangi lemak dalam tubuhnya dengan caranya sendiri. Namun, para juri bersikeras bahwa gadis malang itu harus tetap menjalani operasi.

"Sebelum menjalani operasi, dia menerima banyak telepon dari para dokter bedah yang membujuknya untuk segera operasi, tetapi dia tetap berkata tidak. Dia sempat berpikir agar orang lain saja yang menerima layanan operasi tersebut secara gratis. Namun, akhirnya ia setuju juga menjalani operasi," ujar Daniel Zavela, saudara kandung Cando.

Naas, operasi sedot lemak yang dijalani Cando tidak berjalan mulus sehingga perempuan yang bercita-cita sebagai dokter ini harus meregang nyawa di meja operasi. Saat ini, pengacara keluarga Cando menyatakan tengah menyelidiki penyebab pasti kematian putri kesayangannya tersebut.

"Saya diberi tahu bahwa penyebab kematiannya adalah pembengkakan di otak. Namun, staf rumah sakit mengatakan kepada kerabatnya bahwa Cando meninggal dunia karena gangguan pada jantung. Saya sudah meminta uji sitologi dan patologi untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi," ujar pengacara Carlos Reyes Izquierdo.

Selanjutnya, sang pengacara mengungkapkan, tindakan ini dapat digolongkan sebagai kelalaian karena tidak ada upaya dari tim dokter untuk menjelaskan apa pun mengenai kasus yang menimpa Cando. Para dokter yang melakukan operasi ini telah ditangkap karena dikhawatirkan akan kabur ke luar negeri untuk menghindari jeratan hukum.

Tragedi yang menimpa Cando adalah satu dari sekian banyak kisah kelam seputar dampak buruk operasi plastik di Amerika Latin. Pada tahun 2011 silam, model asal Brasil, Pamela Nascimento, diberitakan tewas saat menjalani operasi sedot lemak.

Kasus terakhir adalah Andressa Urach, model yang berkompetisi dalam kontes Miss BumBum di Brasil. Urach tewas setelah menjalani operasi plastik untuk memperbesar ukuran paha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com