Kompas.com - 15/01/2015, 15:50 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf


KOMPAS.com -- Teknologi bagaikan pedang bermata dua, di satu sisi memberi banyak manfaat dalam kehidupan manusia, tapi di sisi lain juga memberikan kerugian, salah satunya adalah kerugian dari segi kesehatan. Baru-baru ini, The Telegraph melaporkan bahwa ponsel pintar dan gadget lainnya adalah penyebab seorang wanita mengalami Tech Neck yang menyebabkan penuaan dini.

Berdasarkan ilmu dermatologi, kebiasaan seseorang terus-menerus membungkuk dan memanjangkan leher untuk melihat layar ponsel, seperti saat membaca e-mail atau menulis pesan singkat di bawah meja, dapat menyebabkan kerusakan serius pada kulit manusia. Terutama bagian rahang ke leher, kulit akan mengendur dan berkeriput karena terlalu sering melihat dan bermain gadget.

"Masalah keriput dan kulit yang mengendur pada rahang dan leher umumnya dialami saat usia mencapai 50-an," ujar Consultant Dermatologist di The London Clinic. "Namun, sepuluh tahun belakangan, Tech Neck dialami oleh perempuan yang berusia lebih muda." 

Penelitian menunjukkan bahwa perempuan dari usia 18-39 tahun dapat melihat layar gadget dan ponsel pintar sebanyak 150 kali dalam satu hari.

Nah, jika Anda tak ingin mengalami kulit leher mengendur dan wajah berkeriput sebelum waktunya, cobalah untuk mengurangi waktu bermain gadget dan hindari terlalu sering melihat ponsel pintar. Sebaliknya, rutinlah melakukan peregangan leher dan rahang. Kemudian, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab kulit leher agar selalu terhidrasi dan lembut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.