Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Rasa Terbakar di Dada Mungkin Gejala Kanker

Kompas.com - 27/01/2015, 13:10 WIB

KOMPAS.com - Rasa terbakar di dada akibat naiknya asam (heartburn) yang berlangsung lebih dari 3 minggu atau lebih sebaiknya jangan diabaikan. Para ahli menyebutkan, gejala tersebut bisa menjadi gejala kanker.

Dalam kampanye Be Clear On Cancer disebutkan, gejala heartburn yang berlangsung cukup lama seringkali gejala kanker esofagus atau kanker lambung.

Heartburn, juga dikenal dengan reflux asam lambung, adalah gangguan pencernaan yang terjadi ketika asam dan cairan lambung naik kembali ke tenggorokan. Bagian tenggorokan tidak memiliki lapisan pelindung sehingga akan terjadi peradangan akibat cairan asam itu dan menyebabkan rasa sakit.

Ciri khas heartburn antara lain rasa sakit atau sensasi terbakar di bagian dada dan tenggorokan. Rasa sakit itu bis menjalar ke belakang dan bertahan sampai empat jam. Heartburn yang berulang bisa menyebabkan kerusakan permanen pada esofagus dan membuat kesulitan menelan.

Kanker esofagus yang dideteksi sejak dini akan meningkatkan peluang keberhasilan terapi. Sekitar 67 persen orang yang terdiagnosis kanker tersebut di stadium awal bisa bertahan hidup setidaknya sampai 5 tahun.

Dalam sebuah survei di Inggris diketahui 59 persen responden tidak mengetahui bahwa heart burn yang berkepanjangan merupakan gejala kanker. Kampanye Be Clear On Cancer juga menyebutkan gejala lain yang perlu diwaspadai, yakni kesulitan menelan makanan.

Kanker lambung atau esofagus bisa diderita pria dan wanita berusia lebih dari 50 tahun. Penyakit ini bisa dipicu oleh kebiasaan merokok, kurang konsumsi sayur dan buah, kegemukan, serta kebiasaan minum alkohol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com