Yuk, Berikan Minuman Sehat untuk Anak!

Kompas.com - 02/02/2015, 09:00 WIB
Berikan kepada buah hati Anda hanya jus yang mengandung 100 persen buah dan tanpa gula. BLOGCDN.COMBerikan kepada buah hati Anda hanya jus yang mengandung 100 persen buah dan tanpa gula.
|
EditorAlvin Dwipayana


KOMPAS.com -
Selain makanan, minuman sehat pun penting bagi pertumbuhan anak. Namun, jika anak terus-menerus diberi susu atau air mineral, anak akan cepat merasa bosan. Anda bisa berkreasi menciptakan minuman sehat untuk si kecil, seperti misalnya jus buah. 

Bayi memperoleh sebagian besar cairan pada tahun pertama kehidupan melalui ASI atau susu formula. Adapun air putih merupakan minuman terbaik bagi anak usia satu tahun ke atas agar tetap sehat, tidak kekurangan cairan, serta menghilangkan lelah, lemah, dan sakit kepala. 

"Penting untuk mengembangkan vitalnya air mineral bagi anak. Anak-anak yang terlalu banyak mengonsumsi minuman manis akan membuat mereka merasa harus selalu minum minuman manis," ujar Nicolas Stettler MD, profesor pediatrik dan epidemologi di Children’s Hospital of Philadelphia, Amerika Serikat. 

Susu dan air mineral dapat selalu diberikan kepada anak. Anak usia satu atau dua tahun dapat diberikan susu mengandung lemak, kecuali ada riwayat obesitas atau serangan jantung dalam keluarga. Adapun susu bebas lemak dapat diberikan setelah anak menginjak usia dua tahun. Susu dengan kandungan vitamin D dan kalsium yang dibutuhkan anak, bisa diberikan setelah menginjak usia dua tahun tanpa risiko penambahan kalori.

Sementara itu, kuantitas air mineral yang dapat diberikan tergantung pada tingkat aktivitas, cuaca, dan berat badan anak. Agar anak tidak merasa bosan, Anda bisa berkreasi dengan menambahkan irisan buah seperti beri atau lemon, serta menambahkan es batu dengan takaran normal dan sedotan yang lucu. 

Sesekali, berikan juga jus buah bagi anak. Namun, yang perlu Anda perhatikan, berikan kepada buah hati Anda hanya jus yang mengandung 100 persen buah dan tanpa gula. Anak berusia satu hingga enam tahun dapat diberikan jus antara empat hingga enam ons per harinya. 

"Terlalu banyak memberi jus akan menambah kalori dan tidak banyak mengandung serat layaknya buah utuh," ujar dr. Stettler. Anda juga dapat memberikan vitamin dan air kelapa untuk anak. Sekali lagi, pilihlah yang tidak mengandung gula. Namun, jangan berikan kedua minuman ini terlalu sering. 

Lalu, minuman apa yang sebaiknya tidak diberikan pada anak? Soda, kopi, teh, dan minuman berenergi. Pada dasarnya, soda adalah permen berbentuk cair yang sama sekali tidak mengandung nutrisi. Adapun kafein yang terkandung pada kopi, teh, dan minuman berenergi adalah simultan dan bersifat adiktif. 

"Untuk kesempatan-kesempatan tertentu, memberikan sedikit soda tidak masalah. Namun, jangan jadikan minum minuman bersoda sebuah kebiasaan bagi anak," sebut dr. Stettler. 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X