Dalam Satu Bulan Turun 10 Kilogram Berkat Latihan Muay Thai Kick Boxing

Kompas.com - 03/03/2015, 15:07 WIB
DOK. VEIN Rutin latihan Muay Thai Kick Boxing bisa turunkan berat badan hingga 10 kilogram.

KOMPAS.com –  Anda tentu telah mengenal olahraga Muay Thai Kick Boxing. Olahraga yang sering disebut sebagai seni bela diri Muay Thai modern ini, selain dapat mendefinisikan otot menjadi lebih kencang dan membentuk tubuh, ternyata juga ampuh dalam membantu penurunan berat badan.

Sensasi gerakan memukul, meninju, dan menendang hingga tercipta bunyi dentuman yang keras, merupakan kunci dari olahraga Muay Thai Kick Boxing yang sangat menguras tenaga serta keringat.

“Muay Thai Kick Boxing sangat tepat untuk wanita yang sedang ingin menurunkan berat badan. Latihan ini terbilang sangat berat. Jadi, kalau Anda mengikuti seluruh tahapan secara rutin, dalam satu bulan berat badan bisa turun hingga 10 kilogram,” terang Nola Novadiana, Owner dari Vein, pusat latihan Woman’s Self Defense.

Menurut Nola, penurunan yang cenderung signifikan tersebut disebabkan latihan Muay Thai Kick Boxing memiliki rangkaian tahapan yang mujarab untuk membakar lemak.

Pada awal latihan, kata Nola, setiap peserta diwajibkan melakukan pemanasan yang terdiri dari skipping, stretching, jogging, shadow boxing (gerakan tinju menghadap cermin), sit up, dan kick padding (latihan menendang).  

Kemudian, latihan memasuki sesi latihan teknik yang mencakup padding one on one dengan pelatih, selama 3 menit/set dilakukan sebanyak tiga kali.  Lalu, berlanjut melakukan drill, latihan refleks yang dilakukan sesama member selama 3 menit/set.

Terakhir, latihan ditutup dengan sesi pendinginan, melakukan perenggangan untuk melemaskan otot-otot yang telah bekerja selama latihan.

Selain untuk menurunkan berat badan, menurut Nola, latihan Muay Thai terbukti dapat mengencangkan otot-otot. Tujuannya, tentu saja, untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Sebab, pukulan dan tendangan pada latihan ini, kata Nola, merupakan variasi gerakan yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan sekaligus program perampingan.

"Satu kali latihan bisa membakar 1200 kalori," imbuh Nola.

Pusat Latihan Muay Thai milik Nola, Vein, berlokasi di ruko symphoni blok HX 1 no 127, Harapan Indah, Bekasi. Biaya member yang ditentukan oleh Vein relatif terjangkau, hanya Rp 400 per bulan dan para member bisa berlatih setiap hari.

Konsep latihan yang ditawarkan oleh Vein terdiri dari loose weight, women’s self defense, kid’s self defense, dan private exercise. Untuk latihan private, Vein mematok harga di angka Rp 600 ribu/bulan.


Editor Syafrina Syaaf

Close Ads X