Kompas.com - 03/03/2015, 17:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana
KOMPAS.com - Rambut yang sering mengembang dan menjadi sulit diatur kerap meresahkan para wanita. Tidak sedikit pula wanita di luar sana mengeluhkan hal serupa. Meskipun rambut mengembang sering disebabkan faktor alami, beberapa faktor di bawah ini juga berperan penting menyebabkan rambut Anda sulit diatur.

1. Rutinitas mandi
Menurut Wendy Rose Gould dari Latest-Hairstyles.com, untuk menghindari kondisi rambut yang sulit diatur, hindarilah mandi menggunakan air hangat dalam jangka waktu yang lama. "Semakin sering Anda mandi dengan air panas dengan jangka waktu lama, maka rambut akan semakin kehilangan minyak alaminya dimana dapat mencegah rambut mengembang. Selain itu, rambut juga tak akan kelihatan bersinar," ungkap Gould.

2. Terlalu sering keramas
Penata rambut selebriti Melissa Peverini menjelaskan, sebaiknya Anda keramas hanya dua hingga tiga kali seminggu untuk mempertahankan rambut agar tidak mengembang. Sebab, terlalu sering keramas membuat rambut menjadi kering dan kusam.

Selain itu, formula sampo Anda pun dapat menyebabkan rambut mengembang. Menurut penelitian, sampo yang mengandung kadar pH terlalu tinggi berpotensi  membuat rambut sulit diatur dan rontok. 

3. Perhatikan sisir yang digunakan
Tidak semua sisir dirancang untuk segala jenis rambut. Jenis rambut tertentu membutuhkan jenis sisir yang dirancang khusus. Menurut pakar penataan dan pewarnaan rambut Sandi Arensman, sisir berbahan metal cocok untuk mengusir rambut mengembang pada jenis rambut keriting. Adapun Anda yang memiliki rambut lurus hindari penggunaan sisir berbahan metal atau yang bergigi tajam. 

4. Kurangnya kelembapan pada rambut
"Rambut yang mengembang dan sulit diatur kurang memiliki kelembapan," ujar Arensman. Untuk mencegah rambut mengembang, Anda dapat menggunakan kondisioner yang dibilas dan produk perawatan kondisioner leave-in. Selain itu, Arensman juga menyarankan untuk memotong bagian ujung rambut Anda secara rutin, setidaknya setiap enam atau delapan minggu.

5. Interaksi dengan alat penata rambut yang mengalirkan panas 
Paparan panas dan zat kimia dari alat penataan rambut dapat menyebabkan rambut mengembang dan sulit diatur. "Alat lempeng pelurus rambut akan lebih cepat membuat rambut Anda rusak. Proses penataan rambut dengan bahan kimia, seperti perming dan bleaching juga akan membuat rambut susah diatur," jelas Arensman.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X