Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Hubungan Jarak Jauh Tetap Mesra, Ini Kuncinya

Kompas.com - 17/03/2015, 19:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -
Seringkali pasangan harus menjalani hubungan mereka dengan jarak yang memisahkan. Banyak pasangan berhasil melaluinya, namun tidak sedikit juga yang gagal. Prinsipnya, jika kedua pihak benar-benar ingin berhasil dalam menjalani hubungan jarak jauh tersebut, rintangan apapun pasti akan berusaha dilewati. 

Menurut Dr Ian Kerner, seorang terapis seks, dalam hubungan percintaan seperti apapun kedua pihak harus benar-benar memiliki keinginan untuk selalu bersama, namun mereka pun harus bersikap fleksibel. Tidak hanya itu, baik pria maupun wanita harus mampu tetap berdiri sendiri dan mandiri ketika tidak sedang bersama pasangannya.

"Pasangan yang kuat dibentuk dari karakter individu yang kuat juga, dimana akan sangat terlihat saat menjalani hubungan jarak jauh. Ini menjadi kunci dalam menciptakan hubungan yang aman ketika keadaan tidak aman," ujar Dr Kerner seperti dikutip dari Health.com. 

Karena Anda tidak tahu persis apa yang sebenarnya sedang dilakukan oleh pasangan Anda, Dr Kerner memandang faktor saling percaya adalah komponen penting lainnya untuk menciptakan hubungan jarak jauh yang berhasil. Dalam arti lain, lanjut Dr Kerner, kedua belah pihak harus memiliki pengendalian diri dan disiplin yang tinggi.

Memang, hubungan jarak jauh akan menciptakan kerinduan yang teramat besar dan kadang bisa menciptakan kelelahan hingga keputusasaan. Oleh karena itu, hal yang tidak kalah pentingnya adalah saling berkomunikasi secara konsisten. Bahkan, bila memungkinkan, tidak ada salahnya sesekali saling mengunjungi.

"Penting menjadwalkan waktu untuk berinteraksi dan mengobrol setiap hari. Anda bisa menggunakan ragam fasilitas yang ada seperti video call, Skype, FaceTime, atau sekadar mendengarkan suara pasangan Anda lewat telepon. Jangan absen berinteraksi lebih dari dua minggu. Ketika Anda bersama pun, jangan lupa untuk benar-benar menghabiskan waktu berdua," ungkap pakar hubungan percintaan, Maya Ezratti. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com