Didiet Maulana Rancang Jaket Tenun untuk Turnamen Golf

Kompas.com - 18/03/2015, 10:00 WIB
Acara jumpa pers CIMB Niaga Indonesia Masters yang berlangsung di JS Luwansa Hotel, Jakarta (17/3/2015) SILVITA AGMASARI/ KOMPAS.COMAcara jumpa pers CIMB Niaga Indonesia Masters yang berlangsung di JS Luwansa Hotel, Jakarta (17/3/2015)
|
EditorAlvin Dwipayana


KOMPAS.com -
Desainer yang dikenal mengusung kain tenun lewat rancangan busananya, Didiet Maulama, berkesempatan untuk memeragakan karyanya di tingkat internasional. Didiet memperkenalkan detail tenun ikat khas Nusa Tenggara Timur dalam kemasan karyanya lewat ajang turnamen olahraga golf, CIMB Niaga Indonesian Masters yang dipersembahkan oleh Enjoy Jakarta. 

Mendesain green jacket (jaket bagi pemenang sebuah pertandingan golf), Didiet ditemui dalam acara jumpa pers CIMB Niaga Indonesia Masters yang berlangsung di JS Luwansa Hotel, Jakarta (17/3/2015), mengungkapkan kalau dirinya sangat senang bisa memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia lewat sebuah ajang olahraga. Kain tenun ikat khas NTT yang berwarna merah hati dan cokelat dikombinasikan Didiet ke sebuah bentuk jaket berwarna hitam dengan bahan polyester yang berpotongan kasual. "Insipirasi jaket ini adalah sebuah proses. Maka dari itu, tenun NTT yang dipilih, karena menggambarkan proses pembuatan yang memerlukan waktu tiga hingga enam bulan lamanya. Sama seperti halnya seorang atlet golf yang membutuhkan proses untuk menggapai kesuksesan, dari junior hingga master class,"ujar Didiet. 

Didiet kemudian menjelaskan, lewat kreasi jaket ini ia ingin menyajikan sesuatu yang berbeda. "Saya ingin memperlihatkan Indonesia, menampilkan karya yang tak biasa, sesuatu yang internasional,"terangnya. Maka itu Didiet mengakui memilih kain tenun NTT yang memang memiliki stuktur lebih kuat ketimbang tenun dari daerah lain. Selain itu warna alami tenun NTT juga dianggap Didiet sebagai nuansa yang sesuai untuk berkibar di kancah internasional. 

"Harapannya, jaket ini akan dikenakan oleh sang juara, dan lewat tampilan jaket ini juga, sang juara bisa memperkenalkan Indonesia sekaligus mengharumkan nama bangsa," tambahnya lagi. Menurut Didiet, garis desain kasual dan material nyaman yang digunakan pada jaket ini, membuat karyanya fleksibel serta mudah dikenakan untuk aktivitas lapangan ataupun kegiatan dalam ruangan. "Karena Indonesia dibangun oleh sejarah, dan nilai inilah yang harus saya tampilkan," ujar sang desainer yang mengaku telah menyiapkan tiga ukuran jaket bagi pemenang, yakni medium, large, dan extra large.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X