Kompas.com - 23/03/2015, 19:36 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Seusai beraktivitas seharian, rasanya pasti ingin langsung beristirahat dan tidur lelap. Alhasil, ritual membersihkan wajah pun terlupakan. Tanpa Anda sadari, kebiasaan tidur dengan wajah yang berlapis make-up membuat kulit jadi kusam, rusak, dan tampak lebih tua.

"Tidur dengan sisa rias wajah bisa berakibat fatal pada kecantikan kulit Anda," ujar dr James C Marotta, ahli bedah plastik wajah dan perawatan kulit.

"Perlu Anda ketahui bahwa malam hari merupakan waktu kulit melakukan proses perbaikan dan penyembuhan. Fase itu berlaku saat Anda sudah tertidur. Jadi, lapisan make-up menyumbat pori-pori dan membuat kulit sulit bernapas," imbuhnya.

Jerawat, kulit belang, kulit kering, keriput, kata dr Marotta, merupakan dampak dari kebiasaan tidur dengan wajah terlapis make-up.

Selain itu, tidak membersihkan wajah sebelum tidur bisa meningkatkan eksploitasi radikal bebas pada kulit. Pasalnya, produk rias wajah umumnya mengandung formula kimia dan bercampur dengan bakteri yang berada di sekeliling Anda selama beraktivitas seharian. "Kondisi ini membuat kulit kekurangan kolagen dan cepat menua," ujarnya.

Bagaimana jika rias wajah yang Anda kenakan hanya maskara? "Anda tetap harus membersihkannya juga," tekan dr Marotta.

Sebab, pulasan maskara yang dibiarkan terlalu lama dapat menyumbat masuknya oksigen ke lipatan mata sehingga menyebabkan iritasi dan inflamasi. Hasilnya, iritasi mata dan infeksi.

Terakhir, dr Marotta sangat merekomendasikan Anda menyediakan waktu 10 hingga 15 menit untuk membersihkan wajah dan mengaplikasikan krim malam secara menyeluruh. Sebab, kulit yang tidak diberikan perawatan akan memperburuk penampilan kulit.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.