Kompas.com - 02/04/2015, 13:09 WIB
Ilustrasi bayi kembar SHUTTERSTOCKIlustrasi bayi kembar
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com –Umumnya, sepasang bayi kembar lahir dengan selang waktu hitungan menit. Lalu, apa jadinya bila sepasang bayi kembar lahir dengan rentang waktu hingga berhari-hari?

Bayi kembar Alexandre dan Ronaldo Antunes menyita perhatian bidang medis lantaran lahir berselang 24 hari. Persalinan unik ini dialami oleh seorang wanita asal Amerika Serikat

Sebuah persalinan unik  bayi kembar dialami oleh seorang wanita asal Amerika Serikat, Lindalda da Silva. Melahirkan di Tufts Medical Centre, AS, da Silva melahirkan bayi Alexandre dan Ronaldo Antunes. Pasangan bayi kembar ini memiliki rentang usia mencapai 24 hari!

Jadi, saat usia kandungan da Silva mencapai 24 minggu, tim dokter yang membantu kelahiran Alexandre dialihkan ke unit NICU. Namun, tim dokter menyatakan bahwa Ronaldo dinyatakan belum siap untuk keluar dari rahim sang ibu.

Akhirnya, para dokter memutuskan untuk merawat da Silva di rumah sakit sampai kondisi Ronaldo cukup baik dan kuat untuk dilahirkan.

Baru 24 hari kemudian, bayi Ronaldo akhirnya menghirup udara dunia untuk kali pertama. Menurut istilah medis, da Silva mengalami kondisi penundaan interval kelahiran atau delayed interval delivery, sebuah kondisi yang cukup langka.

"Kondisi ini sangat langka. Hal yang dialami dua bayi ini lebih langka karena sepasang bayi kembar dilahirkan berselang hampir sebulan dan tetap bertahan hidup," kata Dr Sabrina Cargio, dokter yang membantu kelahiran Alexandre dan Ronaldo.

Menurut dr Cargio, kondisi kedua bayi ini tidak hanya tetap bertahan hidup meski lahir berselang hampir sebulan, tapi kondisi kesehatan mereka tetap baik. Menurut para dokter dan staf medis di rumah sakit tempat mereka lahir, kondisi kedua bayi ini merupakan berkah dan mukjizat tersendiri bagi mereka.

Untuk merayakan dan sebagai ungkapan rasa syukur, ayah ibu Alexandre dan Ronaldo akhirnya merayakan kelahiran bayi kembar tersebut di rumah sakit. Menurut pihak keluarga, menggelar perayaan tersebut merupakan salah satu cara untuk mengucapkan terima kasih kepada staf rumah sakit.

"Ini sangat luar biasa. Kami sangat bersyukur karena dapat merayakan ulang tahun Alexandre dan Ronaldo yang pertama. Terima kasih banyak," ucap ayah kedua bayi kembar tersebut.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X