Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Kue Brownies adalah "Produk Gagal" yang Berakhir Populer

Kompas.com - 14/04/2015, 18:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Siapa yang tidak kenal kue brownies? Kue cokelat ini begitu dikenal luas di kalangan masyarakat Indonesia, baik brownies panggang dan kukus. Namun, tahukah Anda sejarah di balik sepotong kue yang lezat ini?

Ada beberapa versi yang menceritakan sejarah kue brownies. Salah satunya menyatakan bahwa kue cokelat ini berasal dari satu negara, yakni Amerika Serikat. Kali pertama muncul pada awal era tahun 1900-an.

Kabarnya, berdasarkan tulisan pada buku The American Century Cookbook: The Most Popular Recipes of the 20th Century, dua resep brownies paling awal yang dipublikasikan muncul dalam buku masakan di Boston yang berjudul The Boston Cooking-School Cook Book.

Para sejarawan merekam jejak pertama brownies pada buku The 1896 Boston Cooking-School Cook Book edisi tahun 1906 yang disunting oleh Fannie Merritt Farmer. Resep kue dalam buku tersebut adalah versi awal brownies yang kita kenal kini dengan kadar cokelat yang kurang pekat dan kaya.

Sementara itu, resep brownies kedua muncul pada tahun 1907 pada buku Lowney's Cook Book Illustrated yang ditulis oleh Maria Willet Howard dan diterbitkan oleh Walter M Lowney Company of Boston, Amerika Serikat. Howard merupakan anak didik Farmer yang menambahkan telur dan cokelat ke dalam resep terdahulu, sehingga menghasilkan brownies yang lebih kaya akan cokelat.

Kabar lain menyebutkan bahwa brownies ditemukan oleh Mildred Brown Schrumpf dari Bangor, Maine, Amerika Serikat. Kabarnya, Schrumpf tengah membuat kue cokelat, tapi lupa memasukkan bubuk pengembang dalam adonan. Akhirnya, kue cokelat buatan Schrumpf gagal mengembang.  

Namun, seperti dikutip situs ebparks, Schrumpf tidak mau menyia-nyiakan kue gagal itu. Dia memotongnya menjadi beberapa potongan dan menyajikannya pada keluarganya.

Kue gagal buatan Schrumpf pun menjadi begitu tenar dan diigemari di lingkungannya. Versi awal kue brownies ini pun dikenal dengan nama Bangor Brownies. Kue brownies kemudian begitu terkenal di penjuru Amerika Serikat pada era 1920-an.

Saat ini, lebih dari 100.000 resep kue brownies dapat dengan mudah ditelusuri di internet. Variasi kue cokelat ini pun semakin beragam, mulai dari dicampurkan dengan keju, gula-gula, hingga kopi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com