Serba-serbi Seserahan, Ungkapan Cinta Penuh Makna

Kompas.com - 15/04/2015, 07:00 WIB


KOMPAS.com --
Saat Anda dan si dia memutuskan untuk melangsungkan pesta pernikahan tradsional, satu hal yang menjadi tradisi wajib dihadirkan adalah adanya perangkat seserahan.

Seserahan kini telah menjadi suatu elemen yang umum dan merupakan simbol dari pihak pengantin pria sebagai bentuk tanggung jawab kepada pihak keluarga, terutama orang tua Anda. Biasanya seserahan diberikan saat lamaran atau sebelum akad nikah.

Konon jumlah barang hantaran seserahan menunjukkan tingkat sosial keluarga pengantin pria. Selain kebutuhan dasar, isi daripada seserahan juga berupa barang atau makanan yang menjadi simbol keseriusan mempelai pria kepada Anda sebagai pendamping hidupnya kelak.

Seiring perkembangan zaman, Anda sebagai calon mempelai wanita biasanya diikutsertakan untuk memilih isi dari seserahan tersebut. Hal ini dilakukan agar barang seserahan tersebut sesuai dengan kebutuhan mempelai wanita. Barang-barang apa saja yang biasanya diikutsertakan ke dalam hantaran seserahan? Berikut beberapa diantaranya:

Seperangkat alat shalat
Jika Anda seorang muslim, perangkat alat shalat menjadi barang yang wajib untuk disertakan. Berisi mukena dan sajadah, dengan tambahan tasbih dan kitab suci Al-Qur’an, melambangkan sebuah pernikahan yang sedianya dilakukan berlandaskan pada nilai agama.

Seperangkat pakaian
Berisi berbagai jenis pakaian wanita, termasuk di dalamnya pakaian dalam, pakaian kerja, pakaian pesta, perlengkapan sepatu dan tas. Semuanya ini melambangkan kepercayaan satu sama lain, sehingga mampu menjaga rahasia dan kesucian cinta satu sama lain. Apa yang menjadi urusan rumah tangga cukup diketahui oleh Anda berdua tanpa harus diumbar.

Seperangkat perawatan tubuh dan pemulas wajah
Merupakan sebuah keharusan bagi setiap wanita untuk menjaga penampilannya dengan baik. Seperangkat perawatan tubuh dan pemulas wajah dimaksudkan agar mempelai wanita mampu menjaga penampilannya sehingga suami akan selalu bahagia melihat istrinya yang cantik rupawan luar dalam.

Makanan dan buah-buahan
Makanan dan buah-buahan merupakan elemen tambahan yang ikut menghiasai hantaran seserahan. Biasanya, makanan yang dibawa sifatnya manis dan lengket. Hal ini melambangkan cinta sepasang kekasih agar manis dan tidak terpisahkan seperti makanan tersebut. (Andwi F. Larasati)



Sumber BrideStory
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X