Kapan Sebaiknya Memilih Operasi Jantung "Bypass"?

Kompas.com - 15/04/2015, 12:06 WIB
shutterstock
|
EditorLusia Kus Anna

 

 

JAKARTA, KOMPAS.com -  Coronary Artery Bypass Graft (CABG) atau yang dikenal dengan operasi jantung bypass merupakan salah satu penanganan medis untuk pasien penyakit jantung koroner. Operasi bypass berarti membuat jalan pintas atau saluran baru untuk mengganti saluran yang tersumbat agar suplai darah ke jantung menjadi lancar.

Dokter Spesialis Bedah Toraks Kardio Vaskular, Maizul Anwar mengatakan bypass mulai banyak dilakukan pada pasien jantung koroner. Menurut dia, operasi bypass bisa menjadi pilihan jika tidak bisa dilakukan operasi dengan pemasangan ring (stent) atau jika perlu pemasangan ring yang sangat banyak.

“Misalnya harus dipasang tiga sampai lima ring, ya lebih baik bypass saja. Pasang banyak ring bisa jadi lebih mahal juga,” kata Maizul dalam diskusi di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (14/4/2015).

Maizul mengatakan, operasi bypass sangat baik dilakukan pada pasien yang mengalami penyempitan di batang utama kiri jantung. Operasi jantung bypass pun bisa dilakukan dalam keadaan darurat maupun direncanakan.

“Darurat itu jika serangan jantung pada 6 jam pertama mesti dilakukan kateterisasi, tapi kalau setelah itu tidak menjadi baik, kemungkinan bisa di bypass,” terang Maizul.

Menurut dia, dibanding pemasangan ring, operasi bypass lebih tahan lama sehingga pasien tidak perlu lebih sering bolak-balik ke rumah sakit. Selain itu, risiko terjadi penyumbatan kembali lebih kecil.

“Kalau bypass, risikonya rata-rata mortalitas 1 persen. Kemudian ada stroke, gangguan ginjal juga kurang dari 1 persen,” kata Maizul yang merupakan Ketua Siloam Heart Institute itu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X