Turunkan Kadar Kolesterol dengan Yogurt - Kompas.com

Turunkan Kadar Kolesterol dengan Yogurt

Kompas.com - 22/04/2015, 10:00 WIB
Shutterstock Yogurt

SUKABUMI, KOMPAS.com - Yogurt yang merupakan hasil fermentasi susu ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satunya, yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Marya Haryono mengatakan, yogurt dapat mengikat kolesterol dalam usus sehingga kolesterol dapat dikeluarkan bersama kotoran. "Yogurt mengandung bakteri asam laktat dan probiotik yang dapat menghambat reabsorpsi empedu dan absorpsi kolesterol," terang Marya dalam acara Media Adventure bersama Heavenly Blush di Sukabumi, Jawa Barat (21/4).

Marya mengatakan, yogurt mudah dicerna dan mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh. Nutrisi yang ada pada susu juga terdapat pada yogurt. "Yogurt kalsiummnya juga tinggi seperti susu. Konsumsi yogurt dua kali sehari sudah dapat memenuhi kebutuhan kalsium per hari yaitu rata-rata 1000 miligram," terang Marya.

Manfaat yogurt untuk menurunkan kadar kolesterol ini pernah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan di Shiraz, Iran Selatan pada tahun 2010. Mereka meneliti konsumsi yogurt dengan probiotik dan yogurt tanpa probiotik terhadap 46 responden berusia 20-67 tahun. Hasilnya, mereka yang diberi yogurt probiotik 300 gram per hari ternyata efektif menurunkan kadar LDL dan kolesterol.

Penelitian ini dilakukan karena banyak warga di Iran yang menderita penyakit kardiovaskular dan kolesterol tinggi. Selain itu, konsumsi yogurt secara teratur juga dipercaya dapat mencegah tekanan darah tinggi dan jantung koroner.


EditorLusia Kus Anna

Terkini Lainnya


Close Ads X