Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2015, 14:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Workopolis

KOMPAS.com - Bagi wanita, mengenakan sepatu tumit tinggi tidak hanya dapat mempercantik dan menyempurnakan penampilan, namun juga meningkatkan kepercayaan diri. Dalam pekerjaan pun sudah merupakan hal yang wajar bagi wanita untuk mengenakan sepatu tumit tinggi.

Akan tetapi, sebaiknya sepatu tumit tinggi seperti apa yang harus dikenakan di kantor? Pertama, Anda harus mengetahui budaya di tempat kerja Anda terkait penampilan. Beberapa perusahaan atau lembaga yang masih menganut budaya konservatif, misalnya, tidak mengehendaki para pegawai wanita mengenakan sepatu tumit tinggi yang terlalu tinggi.

Bagaimana cara mengetahuinya? Sederhana saja, Anda bisa memperhatikan sepatu-sepatu yang dikenakan oleh para pegawai wanita di kantor Anda. Dari situ, Anda bisa mengambil kesimpulan tentang sepatu seperti apa yang sebaiknya Anda kenakan. Pun misalnya atasan wanita Anda mengenakan sepatu tumit tinggi yang cukup tinggi, ada kemungkinan Anda dapat melakukan hal serupa.

Kedua, pertimbangkan dampak yang Anda peroleh dari mengenakan sepatu yang terlalu tinggi. Anda pun perlu menyadari bahwa sebagus apapun penampilan Anda, perusahaan menilai kompetensi dan kinerja Anda. Kalau sepatu tumit tinggi yang terlalu tinggi malah mengganggu mobilitas atau kinerja Anda, buat apa mengenakannya?

Memang, ada baiknya Anda mengenakan sepatu yang paling membuat Anda merasa nyaman. Namun, tidak ada salahnya juga mempertimbangkan dan menganalisa dampak mengenakan sepatu tumit tinggi bagi klien, rekan kerja, hingga atasan Anda.

Terakhir, pilihlah sepatu tumit tinggi dengan ketinggian yang memungkinkan Anda bergerak dengan nyaman, bebas, dan melangkah dengan baik. Sebab, mengenakan sepatu tumit tinggi terkadang malah membuat kaki Anda terasa nyeri hingga luka yang mengganggu kepercayaan diri Anda. Ini tentu akan menjadi perhatian bagi rekan kerja hingga atasan Anda.

Oleh sebab itu, perhatikanlah kenyamanan dan keamanan ketika memilih sepatu yang akan Anda kenakan ke kantor. Tidak perlu mengenakan sepatu tumit tinggi yang terlalu tinggi, apabila sepatu itu malah membuat pekerjaan dan mobilitas Anda terganggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Workopolis
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com