Kompas.com - 30/04/2015, 19:19 WIB
Ilustrasi YOUSAIDITTHOUGHT.COMIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana
KOMPAS.com - Sebagian wanita memperhatikan pria dari penampilannya, namun tidak sedikit pula wanita yang memperhatikan sikap dan perilaku pria. Ternyata, hal ini pun telah dibuktikan oleh riset ilmiah. Studi yang dilakukan di Hope College, Amerika Serikat, melaporkan bahwa wanita lebih tertarik pada pria rendah hati ketimbang pria sombong.

Untuk meneliti, para periset menciptakan profil palsu dalam situs kencan online yang hanya berkisar pada seberapa rendah hati hingga seberapa sombong pria dalam mendeskripsikan dirinya. Para wanita menilai pria rendah hati dan sederhana lebih menarik perhatian dan merupakan jenis pria yang ingin mereka kencani.

Menurut ketua penelitian Daryl Van Tongeren PhD, para wanita menilai kerendahan hati sebagai sinyal bahwa pria akan memperlakukan wanita dengan baik ketika menjalani hubungan. Van Tongeren menambahkan, orang-orang yang rendah hati memang lebih menempatkan orang lain, termasuk orang terkasih, di atas diri sendiri.

"Hal terbaiknya adalah sikap kerendahan hati bukanlah sikap yang sudah ada begitu saja. Anda bisa memupuknya dengan sedikit upaya," ujar Van Tongeren.

Pertama, kenali apa sebenarnya kekurangan diri. Jika sulit mengidentifikasikannya, maka jangan sungkan untuk meminta tolong kepada teman atau keluarga untuk memberitahu apa sebenarnya kekurangan diri Anda. Van Tongeren menjelaskan, memiliki pandangan akurat tentang kekuatan dan kelemahan adalah kunci utama kerendahan hati.

Kemudian, carilah cara untuk berbagi kepada orang lain ketika menceritakan tentang pencapaian Anda. Maksudnya, jangan hanya menceritakan prestasi dan pencapaian Anda saja, sehingga cap sebagai pria sombong pun terhindarkan.

Hal yang terpenting lainnya adalah, tempatkan hubungan Anda di atas kepentingan Anda sendiri. Misalnya, ketimbang menang dalam adu argumen, lebih baik pikirkan cara bagaimana mengatasi masalah yang Anda berdua hadapi dalam menjalani hubungan meskipun Anda harus berkorban atau mengaku salah.



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X