Mana yang Lebih Baik, Aplikasi "Eye Shadow" dengan Jari atau Kuas?

Kompas.com - 30/05/2015, 18:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Beberapa jenis tata rias dilengkapi dengan kuas untuk memudahkan pengaplikasian, seperti misalnya eye shadow dan pemulas pipi. Akan tetapi, sebagian wanita malah memilih untuk mengaplikasikan tata rias dengan menggunakan jari dengan alasan kepraktisan dan kemudahan. Sebenarnya, mana yang lebih baik, mengaplikasikan dengan jari atau kuas?

Philips Kwok, seorang penata rias profesional, mengatakan bahwa memang beragam tata rias hadir dengan kuas dan tersedia pula kuas yang dijual terpisah dalam berbagai ukuran. Meski demikian, secara pribadi dirinya cenderung memilih untuk mengaplikasikan eye shadow dengan menggunakan jari.

"Kalau boleh jujur, saya pribadi lebih senang menggunakan jari tangan. Hasilnya akan berbeda kalau menggunakan jari, dibandingkan dengan kuas saat mengaplikasikan eye shadow. Bagi saya, tangan dan jari kita merupakan 'kuas' pemberian Tuhan yang sifatnya alami hingga mampu memberi bauran lebih natural," ungkap Philips ketika berbincang dengan Kompas Female di Gourmet Kemang, Rabu (27/5/2015).

Kemudian, Philips memberikan contoh secara langsung terkait penggunaan jari dan kuas dalam mengaplikasikan eye shadow. Dengan tekanan dan pulasan yang sama, terlihat dengan jelas bahwa hasil pengaplikasian lewat jari tangan terlihat lebih nyata, merata dan alami ketimbang saat menggunakan kuas.

Selain itu, Philips pun mengemukakan alasan higienitas kuas yang seringkali dilupakan oleh sebagian wanita. Menurut sang penata rias, baiknya kuas maupun puff bedak, rutin untuk dibersihkan dan dicuci setiap setidaknya dua minggu sekali. Namun, yang sering terjadi adalah seringkali para wanita enggan melakukan hal tersebut. Akhirnya, tidak mengherankan bila jerawat atau iritasi sering muncul pada wajah.  

"Kadang kuas atau puff tidak pernah dicuci sejak pertama kali beli. Kemudian akan muncul jerawat, hingga yang disalahkan adalah make up-nya karena menyebabkan berbagai problem wajah. Padahal kuas atau puff yang tidak pernah dicuci, lebih berpotensi jadi faktor utama penyebab masalah pada wajah," sebut Philips.

Oleh sebab itu, Philips mengingatkan kepada para wanita untuk coba meluangkan waktu mencuci kuas dan puff bedak secara berkala guna menghindari timbulnya iritasi dan jerawat pada wajah. Namun, perlu diingat juga, saat Anda menentukan tidak menggunakan kuas untuk mengaplikasikan riasan dan menggunakan jari, pastikan bahwa jari-jari tangan telah steril, tercuci dan dalam keadaan bersih.

"Yang penting bagi wanita adalah bersih dan rajin. Jangan malas untuk bersihkan wajah dan alat rias. Sama seperti tubuh, kalau alat rias tidak dibersihkan secara berkala, kuman, keringat, sebum, dan minyak yang menempel berpotensi menimbulkan masalah pada wajah. Setiap wanita pasti menghidari terjadinya hal ini, bukan?" saran Philips.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X