Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tetap Segar Meski Habis Begadang, Batasi Makan Malam

Kompas.com - 08/06/2015, 12:43 WIB

KOMPAS.com - Rasa lesu dan sulit berkonsentrasi di pagi hari biasanya akan kita alami setelah sebelumnya habis begadang.  Ternyata salah satu penyebabnya bukan cuma karena kurang tidur, tapi juga porsi makan yang terlalu banyak saat makan malam.

Membatasi porsi makan di malam hari ternyata bisa mengurangi efek kelelahan. Meski habis begadang, namun orang yang makan malam hanya sedikit tetap memiliki kemampuan mental yang lebih baik.

Beberapa penelitian menunjukkan, saat sedang kelelahan seseorang cenderung mengasup 500 kalori lebih banyak ketika makan malam.

Dalam studi terbarunya Dr.David Dinges dari Universitas Pennsylvania menemukan bukti bahwa jika kita mampu menahan diri saat makan malam, penurunan kemampuan otak bisa dicegah akibat kurang tidur.

Dalam penelitiannya itu, diketahui orang yang mengurangi asupan kalori dari makan malamnya tetap memiliki kemampuan reaksi dan konsentrasi lebih baik setelah selama empat malam selalu kurang tidur.

Walau begitu tetap usahakan untuk memiliki jam tidur yang cukup. Kurang tidur terkait dengan obesitas, penyakit diabetes, dan gangguan mental. Orang yang sering begadang juga diketahui memiliki kemampuan metabolisme yang lebih lambat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com