Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2015, 17:28 WIB
Losi

Penulis

Sumber Redbook

KOMPAS.com — Kampanye untuk melazimkan wanita memberikan air susu ibu (ASI) di ruang publik sudah marak dilakukan oleh sejumlah pihak. Selain masyarakat awam, para selebriti wanita dunia memberikan bentuk dukungan, baik lewat aksi nyata maupun media sosial.

Salah satunya adalah supermodel Doutzen Kroes. Lewat akun Instagramnya, @doutzen, supermodel asal Jerman ini menampilkan fotonya sedang memberikan ASI kepada sang buah hati.

Selain keberanian mengunggah foto sedang menyusui, kalimat yang dituliskan oleh Kroes pada kolom teks mengunggah dan membuat banyak orang seakan terenyak.

Kalimat yang merupakan kutipan dari Iris Marion Young, seorang profesor di bidang politik, mengandung pesan yang cukup menohok, terutama bagi mereka yang kontra pada kebebasan memberikan ASI di ruang publik.

"Breasts are a scandal because they shatter the border between motherhood and sexuality," tulis Kroes. (Payudara merupakan sesuatu yang berbau skandal karena payudara 'menghancurkan' batasan antara keibuan dan seksualitas)

Ungkapan tersebut sangat benar dan sangat menampar orang-orang yang menganggap bahwa memberikan ASI di ranah publik adalah aib dan memalukan. Pasalnya, mereka yang menyepelekan kebebasan memberikan ASI itu karena mereka melihat payudara sebagai simbol seks, bukan sumber nutrisi dengan manfaat yang luar biasa untuk bayi.

INSTAGRAM Supermodel Doutzen Kroes menampilkan fotonya sedang memberikan ASI pada sang buah hati yang masih bayi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Redbook
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com