Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/06/2015, 07:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com - Bulan Ramadhan telah tiba. Selain pilihan menu dan proses memasak yang memiliki tantangan tersendiri untuk para ibu, ada satu hal yang harus diperhitungkan dengan cermat juga, yakni soal manajemen waktu memasak.

Dalam acara jumpa pers Royco di Plataran Dharmawangsa (27/5/2015), pakar kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo berbagi tips untuk permasalahan manajemen waktu khususnya saat menyajikan menu Ramadhan. "Sebenarnya tergantung dengan menu yang ingin disajikan. Kalau berencana menyediakan masakan sup atau tumisan, bisa dilakukan satu jam sebelum waktu berbuka," ujar Sisca. Kemudian untuk membuat hidangan berbuka yang ringan (takjil), Sisca menyarankan para ibu untuk mempersiapkan bahan masakan yang disimpan di dalam lemari es pagi harinya, baru kemudian diolah di siang atau sore hari. Beberapa jenis makanan manis untuk berbuka seperti kolak, menurut Sisca bisa dipersiapkan jauh sebelum waktu berbuka tiba.

Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat memasak di bulan puasa menurut Sisca adalah penyimpanan makanan. "Penggunaan sendok makanan harus diperhatikan. Jangan mencampur satu sama lain agar tidak menyebabkan makanan yang disimpan menjadi basi," ujar Sisca. Tak ada salahnya juga bagi para ibu yang memiliki aktivitas padat untuk mempertimbangkan bumbu siap pakai yang praktis agar tidak membuang waktu. Selain itu rasa dalam bumbu jadi juga tergolong pas karena sudah ada takarannya. Hal ini tentunya memudahkan para ibu yang tak dapat selalu mencoba rasa masakan selama memasak di bulan puasa.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com