Kompas.com - 25/06/2015, 04:15 WIB
Ana Rochelle Pondare yang mengalami kondisi genetik langka disebut progeria, berpose bersama selebriti idolanya asal Filipina, Sarah Geronimo. DAILYMAIL.CO.UKAna Rochelle Pondare yang mengalami kondisi genetik langka disebut progeria, berpose bersama selebriti idolanya asal Filipina, Sarah Geronimo.
|
EditorAlvin Dwipayana


KOMPAS.com
— Ana Rochelle Pondare, yang berasal dari Filipina, baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-18 dengan sangat meriah. Bertemakan pesta putri, Pondare mengenakan gaun merah berkilau dan mahkota di kepalanya. Bagi gadis lain, pesta ulang tahun ke-18 mungkin merupakan hal yang biasa. Namun, bagi Pondare, pesta ulang tahun ke-18 adalah ungkapan rasa syukur luar biasa atas pencapaian usianya. 

Ya, Pondare memang bukan gadis pada umumnya. Pondare mengalami kondisi genetik yang sangat langka yang disebut progeria. Progeria adalah kondisi yang menyebabkan tubuh menua 10 tahun lebih cepat dari tubuh normal. Jika usia tubuh atau kondisi fisik Pondare dihitung secara medis, tubuh Pondare saat ini menunjukkan usia 144 tahun. Sebelum ini, dokter yang menangani kondisi Pondare menyebutkan bahwa Pondare hanya memiliki harapan hidup maksimal hingga 15 tahun. 

Lewat wawancara pada tahun 2011, Pondare pernah mencurahkan perasaan tentang dirinya yang memiliki tubuh berusia ratusan tahun. "Saya bukanlah gadis seutuhnya. Dokter berkata bahwa saya akan segera menua dan perjalanan hidup saya di dunia akan berjalan sangat cepat. Setelah berusia 15 tahun, saya pun dikatakan akan segera pergi meninggalkan dunia," ujar Pondare.

Maka dari itu, tak salah, saat tahun ini Pondare mencapai usia 18 tahun, semua orang, termasuk dirinya sendiri, merasa sangat bersyukur. Selebriti asal Filipina yang merupakan salah satu idola Pondare, Sarah Geronimo, juga memberi selamat langsung kepada Pondare atas ulang tahunnya yang ke-18.

Berdasarkan Progeria Research Foundation, ada sekitar 80 anak di seluruh dunia yang mengalami kondisi progeria dan dua di antaranya berada di Filipina. Dokter Pierre R Clero, yang menangani penderitaan Pondare, membantu Pondare dengan memberikan diet spesial serta krim kulit untuk memperpanjang harapan hidup gadis remaja ini.



Sumber Dailymail
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X