Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Gadis Tertua" di Filipina Merayakan Ulang Tahunnya yang Ke-18

Kompas.com - 25/06/2015, 04:15 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com
— Ana Rochelle Pondare, yang berasal dari Filipina, baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-18 dengan sangat meriah. Bertemakan pesta putri, Pondare mengenakan gaun merah berkilau dan mahkota di kepalanya. Bagi gadis lain, pesta ulang tahun ke-18 mungkin merupakan hal yang biasa. Namun, bagi Pondare, pesta ulang tahun ke-18 adalah ungkapan rasa syukur luar biasa atas pencapaian usianya. 

Ya, Pondare memang bukan gadis pada umumnya. Pondare mengalami kondisi genetik yang sangat langka yang disebut progeria. Progeria adalah kondisi yang menyebabkan tubuh menua 10 tahun lebih cepat dari tubuh normal. Jika usia tubuh atau kondisi fisik Pondare dihitung secara medis, tubuh Pondare saat ini menunjukkan usia 144 tahun. Sebelum ini, dokter yang menangani kondisi Pondare menyebutkan bahwa Pondare hanya memiliki harapan hidup maksimal hingga 15 tahun. 

Lewat wawancara pada tahun 2011, Pondare pernah mencurahkan perasaan tentang dirinya yang memiliki tubuh berusia ratusan tahun. "Saya bukanlah gadis seutuhnya. Dokter berkata bahwa saya akan segera menua dan perjalanan hidup saya di dunia akan berjalan sangat cepat. Setelah berusia 15 tahun, saya pun dikatakan akan segera pergi meninggalkan dunia," ujar Pondare.

Maka dari itu, tak salah, saat tahun ini Pondare mencapai usia 18 tahun, semua orang, termasuk dirinya sendiri, merasa sangat bersyukur. Selebriti asal Filipina yang merupakan salah satu idola Pondare, Sarah Geronimo, juga memberi selamat langsung kepada Pondare atas ulang tahunnya yang ke-18.

Berdasarkan Progeria Research Foundation, ada sekitar 80 anak di seluruh dunia yang mengalami kondisi progeria dan dua di antaranya berada di Filipina. Dokter Pierre R Clero, yang menangani penderitaan Pondare, membantu Pondare dengan memberikan diet spesial serta krim kulit untuk memperpanjang harapan hidup gadis remaja ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com