Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2015, 19:00 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
- Rasanya yang segar dengan kombinasi manis dan asam, membuat buah ini digemari banyak orang. Dibanding buah kiwi hijau, buah kiwi gold menyimpan lebih banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C pada kiwi gold, 3 x kandungan vitamin C pada buah jeruk. Yang lebih istimewa, nutrisi satu buah kiwi gold sama seperti nutrisi  10 buah apel.

Hasil riset yang dilakukan oleh University of Otago menemukan, bahwa mengonsumsi varian buah kiwi gold sebanyak 2 buah per hari dapat mengurangi mood yang buruk, mengurangi kelelahan dan depresi, serta dapat menaikkan semangat.

Riset dilakukan kepada pria berusia 18-35 tahun yang dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama, mengonsumsi varian buah kiwi gold sebanyak setengah butir (53 mg), dan kelompok kedua mengonsumsi 2 butir buah kiwi gold atau setara dengan 212 mg selama 6 minggu. Setelah 6 minggu, penelitian membuktikan kelompok yang mengonsumsi kiwi gold yang kaya akan vitamin C sebanyak 2 buah per hari mengalami penurunan Total Mood Disturbance (TMD) atau gangguan suasana hati, kelelahan berkurang sebanyak 38%, depresi berkurang sebanyak 34%, dan semangat meningkat sebanyak 31%.

Menurut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, buah kiwi gold mengandung vitamin C dan serat yang tinggi, antioksidan, mineral, vitamin E dan berbagai nutrisi lainnya. Konsumsi dua buah ini memiliki jumlah serat yang setara dengan semangkuk sereal.

“Bukan hanya baik dikonsumsi oleh orang dewasa, kandungan vitamin C yang tinggi membuat buah kiwi gold juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan untuk menghindarkan mereka dari penyakit, serta membantu mempercepat penyerapan zat besi,” ujar dr. Fiastuti pada Kompas.com saat ditemui dalam acara Awali dengan Kiwi, “Start Your Day With Zespri (R) Kiwifruit” di Jakarta.

Berikut berbagai manfaat buah kiwi gold yang baik bagi kesehatan tubuh:

Membantu proses metabolisme. Kandungan seratnya yang tinggi membantu proses metabolisme, terutama ketika usia semakin berumur dan kemampuan metabolisme semakin menurun. Bahkan bermanfaat bagi yang sedang mengikuti program diet, karena kiwi gold rendah kalori (57 kcal /100 g).

Meningkatkan sistem imun. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, yaitu 3x lebih tinggi dibandingkan jeruk dengan perbandingan berat (gram) yang sama, buah kiwi gold mampu membantu meningkatkan sistem imun untuk mencegah tubuh dari serangan penyakit.

Mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, membantu mengurangi kelelahan dan menambah energi. Buah kiwi gold juga bisa membantu menjaga tubuh mereka yang berusia lanjut tetap fit.

- Menjaga kadar gula. Salah satu kelebihan buah kiwi gold adalah memiliki indeks glisemik yang rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Karena, tidak menaikkan kadar gula.

Sumber nutrisi baik untuk ibu hamil. Kandungan asam folatnya baik dikonsumsi oleh ibu yang ingin hamil atau sedang dalam masa awal kehamilan.

Sumber nutrisi untuk pertumbuhan anak. Sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan untuk menghindarkan mereka dari penyakit, serta mempercepat penyerapan zat besi.

Mencegah radikal bebas. Buah berbulu ini juga mengandung antioksidan dan vitamin E yang dapat mencegah radikal bebas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com