Berolahraga di Meja Kerja, Mengapa Tidak?

Kompas.com - 29/06/2015, 07:00 WIB
SHUTTERSTOCK Ilustrasi

KOMPAS.com - Anda yang bekerja di kantor sehari-hari biasanya banyak menghabiskan waktu untuk duduk di depan komputer menyelesaikan pekerjaan. Tanpa disadari, duduk dalam jangka waktu yang lama tidak baik bagi kesehatan Anda. Bahkan, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa aktivitas di kantor seperti duduk sepanjang hari mampu mengurangi produktivitas.

Nah, ternyata Anda pun dapat dengan mudah berolahraga dan menjaga kebugaran tanpa perlu repot-repot meninggalkan meja kerja Anda di kantor. Bagaimana caranya? Simak uraian berikut yang bisa Anda coba.

1. Ganti kursi dengan bola latihan
Menurut Heather Milton MS, fisiolog kebugaran klinis di Center for Musculoskeletal Care, NYU Langone Medical Center, Amerika Serikat, menyeimbangkan tubuh dengan bola latihan melibatkan kerja punggung Anda sekaligus membuat Anda terus bergerak. "Anda akan lebih banyak bergerak ketimbang duduk saja di kursi biasa," ujarnya.

2. Hindari duduk terus-menerus
"Berdirilah ketika sedang menelepon atau presentasi maupun rapat. Aktivitas ini tidak hanya melatih metabolisme, namun juga meningkatkan produktivitas karena terjadi peningkatan aliran darah yang meningkatkan fokus kognitif Anda," jelas Milton.

3. Pasang alarm
Milton menjelaskan, semakin lama Anda duduk, maka semakin meningkatlah risiko penyakit kardiak atau metabolik dan juga menambah berat badan Anda. Ingatkan diri sendiri untuk bergerak, walaupun hanya sekedar mengambil air minum. "Bila perlu, pasang alarm untuk mengingatkan diri untuk bergerak dan berjalan. Ini penting agar Anda tak duduk terus-menerus," imbuhnya.

4. Istirahatkan tangan
Seringkali, Anda tidak berhenti mengetik selama berjam-jam. Tanpa disadari, ini membuat otot tangan, lengan, dan bahkan jari-jemari Anda kaku. Solusinya, istirahatkan tangan, lengan, dan pergelangan tangan Anda. Gunakan alat khusus untuk olahraga tangan seperti pemijat, sehingga otot tidak menjadi kaku.

5. Lakukan latihan singkat
Milton menyarankan Anda untuk meluangkan waktu sekitar tujuh menit untuk berlatih dan berolahraga sederhana. Setelah itu Anda juga bisa meluangkan waktu sekitar 15 menit pada jam istirahat makan siang. Sehingga, tubuh Anda kembali segar dan otot-otot pun tidak kaku. Anda pun dapat mengajak serta rekan-rekan kerja Anda untuk melakukannya bersama.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorAlvin Dwipayana
SumberGlamour
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X