Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2015, 09:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Perputaran tren busana muslim di Indonesia bergulir dengan cepat. Saat bulan suci Ramadhan pun, kebutuhan akan busana muslim mengalami peningkatan secara signifikan, khususnya untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Di momen bulan suci ini, perancang busana dan label busana muslim Indonesia banyak menampilkan koleksi terbaru mereka.

Ramadhan Runway 2016 merupakan ajang untuk mensosialisasikan dan meningkatkan kompetensi karya busana muslim Indonesia agar diterima secara luas. Pada pembukaan acara ini, Jumat (3/7/2015) di Kota Kasablanka, sebanyak empat perancang busana menampilkan koleksi terbaru sebagai inspirasi dan pilihan busana untuk bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Deden Siswanto menampilkan12 koleksi teranyarnya untuk pria maupun wanita. Koleksi Deden kali ini lebih banyak didominasi penggunaan bahan katun dan tenun khas Makassar. Busana-busana koleksi Deden menampilkan ragam warna seperti ungu, hitam, abu-abu, cokelat, merah muda, dan biru. Koleksi Deden juga dilengkapi penggunaan aksesori berupa apron, selendang, serta kalung bermodel etnik.

Irna Mutiara melalui label Irna La Perle menyuguhkan koleksi busana muslim khusus untuk wanita. Koleksi Irna tersebut menampilkan busana muslim syar'i yang dikreasikan dalam bentuk gaun panjang dengan bahan yang ringan dan jatuh. Irna memilih penggunaan warna-warna pastel seperti hijau muda, putih, merah muda, abu-abu, dan krem.

Sementara itu, Sofie menampilkan koleksi busana muslim yang lebih kasual dan sedikit menampilkan kesan maskulin nan modern. Dalam koleksinya kali ini, busana berbentuk blus longgar, cardigan, dan gaun kasual dipadukan dengan celana berpotongan lurus maupun celana model jogger. Sofie memadukan motif garis-garis, polkadot, dan kotak-kotak serta menampilkan warna monokrom seperti hitam, abu-abu, putih, dan merah muda.

Lain lagi dengan desainer Jeny Tjahyati yang menyajikan paduan kain tradisional seperti batik dan tenun ke dalam koleksinya. Busana wanita bermodel abaya modern maupun kaftan disempurnakan dengan celana berbentuk pipa yang membuat penampilan lebih langsing dan tegas. Busana pria pun ditampilkan berupa batik yang dipadukan dengan celana yang lebar. Jeny memilih penggunaan warna merah, cokelat, abu-abu, dan biru pada koleksinya ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com