Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menimbang Berat Badan Bantu Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 14/07/2015, 13:15 WIB


KOMPAS.com
- Tak sedikit orang yang merasa kelebihan berat badan enggan menimbang berat badannya, karena takut melihat angka di timbangan. Padahal, menimbang berat badan bisa membantu menurunkan berat badan.

Berdasarkan studi terbaru yang dipublikasikan pada Journal of Obesity, mengecek dan menimbang berat badan setiap hari bisa membantu mencapai tujuan kita yakni menurunkan berat badan.

Dalam studi ini, para peneliti menemukan bahwa di antara orang-orang yang ingin mengurangi berat badan, mereka yang menimbangnya setiap hari lalu mencatat hasilnya berhasil menurunkan 3% berat badannya dalam setahun. Sebagai perbandingan, orang-orang yang tidak menimbang berat badannya setiap hari tidak melihat ada perubahan signifikan pada berat tubuhnya.

Selanjutnya, mereka yang menimbang setiap hari juga dapat mempertahankan berat badannya setahun ke depan, yang mana sangat penting karena mempertahankan berat badan jauh lebih sulit daripada menguranginya, kata para peneliti.

“Ada beribu-ribu cara untuk menurunkan berat badan. Namun, masalahnya bukan menurunkan tapi bagaimana mempertahankan berat badan yang sudah ideal,” kata David Levitsky, pemimpin penelitian dan profesor nutrisi di Cornell University.

Pada studi ini, para peneliti mengatakan pada 162 orang bahwa mereka diperbolehkan untuk menjalani diet apapun untuk mengurangi berat badan selama setahun. Tujuannya adalah agar mereka bisa menurunkan 10% dari berat badan awal. Meski begitu, para peneliti memberikan timbangan kepada 88 partisipan dan memerintahkan mereka untuk menimbang berat badannya setiap pagi lalu mencatat hasilnya pada sebuah grafik. Sedangkan 74 sisanya tidak diberi timbangan dan tidak diperintahkan untuk mengukur berat badannya.

Pada kedua kelompok, tidak banyak yang bisa menurunkan 10% berat badannya dalam setahun. Namun, mereka yang menimbang setiap hari, berat badannya turun lebih banyak dibanding mereka yang tidak. Partisipan yang ditugaskan menimbang berat badannya berhasil menurunkan berat tubuhnya sebanyak 9%, sedangkan pada kelompok pembanding hanya 5%.

Menurut para peneliti, belum jelas alasan mengapa menimbang setiap hari bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, hal tersebut mungkin bisa membuat seseorang lebih sadar pada apa yang ia konsumsi, sehingga tanpa sadar melakukan hal yang bisa menurunkan berat badan seperti melewatkan makanan penutup.

Menimbang setiap hari juga dinilai sebagai tindakan menghukum perilaku yang ‘menghalangi’ penurunan berat badan. “Jika saat menimbang kita jadi sadar apa yang kita lakukan kemarin membuat berat badan naik, maka menimbang setiap hari diartikan sebagai ‘bala bantuan’ yang bersifat negatif,” kata Levitsky.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com