Apa Penyebab Pusing Saat Berolahraga?

Kompas.com - 20/07/2015, 08:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Berolahraga yang seharusnya menjaga kebugaran tubuh terkadang bisa menyebabkan efek samping tak nyaman. Salah satunya adalah rasa pusing atau vertigo yang bisa berakhir dengan pingsan.

Penyebab kondisi tersebut bisa karena darah mengumpul di kaki saat kita berdiri, kepanasan, atau kita mendadak menghentikan olahraga.

Sayangnya, makin bugar tubuh kita, makin mungkin kita mengalami pusing atau kepala berputar saat olahraga. Hal ini karena olahraga meningkatkan ukuran ventrikel jantung, tetapi juga bisa mengurangi aliran darah balik ke jantung setelah berdiri cukup lama.

"Jika darah yang kembali ke jantung sedikit, darah tersebut ditambahkan oksigen, dan otak tidak menyukainya. Setelah beberapa menit, kita akan merasa pusing. Dehidrasi dan kadar gula darah yang rendah juga bisa menyebabkan hal ini," kata Christopher Minson, pakar fisiologi manusia dari Universitas Oregon.

Untuk mencegahnya, tetaplah bergerak setelah olahraga atau duduk. Meski tampaknya berlawanan, melakukan hal tersebut bisa mendorong darah kembali ke jantung.

Lakukan pendinginan dan lenturkan bagian paha dan betis. Terkadang yang kita perlukan saat sedang pusing akibat olahraga adalah beristirahat dan minum. Meski begitu, jika vertigo ini sering dialami, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X