Kompas.com - 24/07/2015, 08:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Selain mengencangkan otot dan meningkatkan stamina tubuh, olahraga juga bermanfaat untuk meredakan stres serta membuat Anda merasa bahagia. Pasalnya, keringat yang mengucur tersebut melepaskan racun-racun dalam tubuh dan bisa melegakan beban pikiran. Namun, hati-hati, keringat yang mengalir juga memicu kehadiran jerawat yang mengganggu kecantikan kulit Anda.

Wanita pada umumnya selalu ingin terlihat memikat. Berdandan merupakan solusi wanita dalam menyempurnakan penampilan. Ternyata, pada sebagian wanita, kebiasaan merias diri ini terus terbawa saat berolahraga. Padahal, mengenakan riasan wajah saat berkeringat berisiko tinggi untuk kecantikan kulit.

“Riasan wajah yang tercampur dengan keringat bisa meningkatkan produksi minyak pada wajah,” ujar David E. Bank, M.D., seorang dermatologist di Mount Kisco, New York, Amerika Serikat. “Pori-pori kulit terbuka saat berkeringat. Lalu, make up bisa menyumbat pori-pori kulit itu,” imbuhnya.

Penyumbatan pori-pori, kata Dr Bank, memicu terjadinya jerawat dan peradangan kulit. Oleh karena itu, Bank menganjurkan untuk membersihkan wajah Anda sebelum berolahraga. Selain itu, jika berolahraga di gym, pastikan handuk yang digunakan berikan benar-benar bersih. Sebab, sisa keringat orang lain atau bakteri pada handuk juga menyebabkan iritasi, alergi, dan jerawat.

Dr Bank menyatakan, meskipun Anda tidak mengenakan riasan wajah, tetap Anda harus mencuci wajah hingga bersih sebelum berolahraga.

Hal serupa juga dijelaskan oleh ahli kulit lainnya. “Pencegahan terbaik adalah membersihkan wajah dengan cairan antibiotika topikal dan topikal benzoyl peroxide,” ujar Ronald Moy, M.D., seorang dermatologist dari Beverly Hills, Amerika Serikat.

“Cairan pembersih itu bisa meresap hingga folikel rambut dan menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di kulit,” terang Dr Moy.

Kemudian, Dr Moy menyarankan, membersihkan wajah juga wajib dilakukan ketika Anda selesai berolahraga. “Lakukan secepatnya,” pungkasnya.

Pasalnya, keringat yang mengalir jika dibiarkan mengering tanpa diusap handuk atau dibersihkan juga penyebab bakteri bertumpuk dan lagi-lagi mengakibatkan wajah berjerawat.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X